Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penetapan Harga

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penetapan Harga

Faktor yang mempengaruhi penetapan harga ada 2 (dua) antara lain yaitu:

1.      Pertimbangan Subyektif

Faktor penentu harga subyektif tidak memiliki standar pasti dalam penentuannya. Penentuan harga subyektif terjadi akibat pandangan pribadi penjual atas barang yang dia jual. Faktor pertimbangan harga subyektif banyak dipakai untuk barang yang memiliki nilai sejarah dan seni.

Biaya produksi, harga produk sejenis, serta barang substitusi tidak mempengaruhi penetapan harga. Harga terjadi atas pertimbangan pribadi penjual dan pembeli. Contohnya harga gitar peninggalan Elvis Presley akan memiliki harga ratusan, ribuan bahkan mungkin berharga jutaan kali lipat dari harga gitar sejenis, meskipun memiliki warna, bentuk, dan kualitas yang sama.

2.      Pertimbangan Obyektif

Pertimbangan obyektif ialah suatu faktor penetapan harga yang didasari oleh faktor-faktor yang mempengaruhinya serta berlaku untuk sebagian besar produk dan dimana produk yang bersangkutan tersebut dijual. Pertimbangan obyektif banyak dipakai untuk produk yang diproduksi secara massal (pabrikasi) serta dibuat secara terus menerus. Pertimbangannya ditentukan oleh pertimbangan 2 (dua) faktor, antara lain yaitu:

a.       Faktor Intern

Faktor intern ialah faktor dari dalam kegiatan usaha yang mempengaruhi pembentukan harga produk, pada faktor intern penjual bisa menetukan harga dengan berbagai akibat. Apabila harga mahal, keuntungan akan besar namun ada kemungkinan produk tidak akan laku, sementara apabila harga murah, keuntungan akan kecil namun ada kemungkinan produk akan laku. Faktor intern yang mempengaruhi penetapan harga antara lain:

1)      Harga Pokok Penjualan
Harga pokok penjualan ialah akumulasi ataupun penggabungan dari biaya-biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan suatu produk. Harga pokok penjualan didapat dengan menambahkan biaya produksi, biaya tenaga kerja, biaya penjualan dan sebagainya untuk kegiatan usaha industri, sementara untuk kegiatan usaha dagang harga pokok penjualan didapat dari harga beli, biaya pengangkutan, biaya tenaga kerja, dan sebagainya.

2)      Jangka Waktu Perputaran Modal
Jangka waktu perputaran modal berkaitan erat dengan kemampuan kegiatan usaha beroperasi dan asal sumber dana. Apabila modal didapatkan dari pinjaman, maka pengusaha harus juga memperhitungkan beban biaya bunga sebagai salah satu dari komponen yang harus dihitung. Penetapan harga yang rendah akan menyebabkan jangka waktu perputaran modal menjadi lebih cepat, hal ini karena daya beli masyarakat akan naik. Akan tetapi perusahaan harus berhati-hati dalam menetapkan harga, karena harga yang terlalu murah juga terkadang akan menimbulkan keraguan pada konsumen itu sendiri.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penetapan Harga

b.      Faktor Ekstern

Faktor ekstern ialah kondisi-kondisi diluar kegiatan usaha yang mempengaruhi penetapan harga. Berbeda halnya dengan faktor intern, faktor ekstern tidak bisa dikendalikan oleh pengusaha. Pengelola usaha harus bisa mempertimbangkan faktor-faktor ekstern dengan jitu agar bisa memenangkan persaingan. Faktor ekstern terdiri atas dua kelompok, antara lain yaitu:

1)      Faktor Ekstern yang Bersifat Umum
Faktor ekstern yang bersifat umum merupakan faktor diluar kegiatan usaha yang dapat mempengaruhi penetapan harga serta berlaku secara umum untuk kondisi penjualan. Faktor ekstern yang bersifat umum bisa berupa:

a)      Harga Pokok Sejenis
Harga pokok sejenis sangatlah mempengaruhi harga produk terutama untuk produk-produk baru, kecuali untuk produk yang sama sekali baru dan belum ada dipasar sebelumnya. Apabila harga produk baru lebih mahal sedangkan kualitasnya belum diketahui, maka hampir dipastikan produk tersebut akan tidak laku. Harga produk baru semestinya lebih rendah, ataupun paling tidak sama dengan ukuran serta mutu yang lebih baik.

b)      Harga Produk Substitusi (Pengganti)
Yang dimaksud produk penganti ialah produk yang memiliki kegunaan sama, namun kualitasnya lebih rendah. Contohnya kompor gas dengan kompor minyak tanah. Apabila produk pengganti memiliki harga yang lebih rendah, sedangkan harga tidak jauh beda, maka konsumen mungkin akan pindah membeli barang substitusi dengan alasan sebagai tindakan penghematan.

c)      Daya Beli Masyarakat
Daya beli masyarakat adalah faktor penting penentu harga. Permintaan hanya akan ada apabila didukung oleh keinginan serta daya beli masyarakat. Toko pakaian dipusat kota menjual jenis pakaian lebih mahal dibandingkan dengan di daerah pinggiran. Pertimbangan hal tersebut ialah karena daya beli masyarakat kota dengan yang ada di daerah berbeda.

d)      Peraturan Pemerintah
Peraturan Pemerintah juga dapat mempengaruhi penetapan harga dalam hal ini adalah:
(1)   Penetapan harga maksimum, yaitu peraturan yang mengatur harga maksimum dari suatu produk tertentu yang boleh dijual oleh penjual, contohnya penetapan harga maksimum obat.
(2)   penetapan harga minimum, yaitu peraturan yang mengatur harga minimum suatu produk yang boleh dibeli oleh pembeli untuk membeli produk tertentu. Contohnya, penetapan harga minimum gabah.

2)      Faktor Ekstern yang Bersifat Khusus
Faktor ekstern yang bersifat khusus ini hanya akan mempengaruhi penetapan harga dalam kondisi tertentu. Kondisi tersebut berkaitan dengan kondisi alam ataupun keinginan pribadi dari pembeli. Apabila dipandang menguntungkan, masih bisa dilakukan, serta tidak melanggar peraturan pemerintah, maka kegiatan usaha harus bisa memenuhinya. Faktor ekstern yang bisa mempengaruhi penetapan harga diantaranya yaitu:

a)      Letak Geografis
Semakin jauh letak konsumen akan mengakibatkan semakin mahal harga penjualan suatu produk. Hal tersebut karena biaya distribusi yang semakin tinggi. Meskipun dengan berbagai cara letak geografis bisa dibuat tidak mempengaruhi harga, namun secara umum akan mengakibatkan kenaikan. Peranan harga akan terasa pada masa-masa inflasi serta resesi. Begitu juga naik turunnya harga produk, bisa mempengaruhi kepercayaan konsumen, daya beli konsumen, serta perilakunya.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 17.6.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel. Terima kasih.

Recommended

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Adalah penting bagi setiap perusahaan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen. Dimana p...