TEKNIK DALAM MENGHADAPI PEMBELI

TEKNIK DALAM MENGHADAPI PEMBELI

Teknik dalam menghadapi pembeli, dimulai dengan menyampaikan data-data lebih lanjut, sesudah mendapatkan keterangan mengenai kebutuhan dan keinginan pembeli terhadap barang dan jasa. Pendekatan terhadap para pembeli dengan penuh rasa persahabatan merupakan salah satu teknik dalam menghadapi pembeli/pelanggan.

Salah satu contoh teknik dalam menghadapi pembeli/pelanggan yakni dengan mengucapkan kata-kata seperti “selamat pagi, selamat siang, selamat sore, dan selamat malam”. Penyampaian salam tersebut merupakan hal pertama dalam menghadapai pembeli. Bisa dikatakan bahwa dalam menghadapi pembeli, seorang penjual bisa menerapkan berbagai macam teknik.

Sebetulnya teknik dalam menghadapi pembeli/pelanggan adalah harus “menjual kesan” kepada pembeli atau pelanggan. Maksudnya adalah berikan kesan pertama yang baik pada calon pembeli. Kesan penjual bisa ditimbulkan lewat pakaian, make up serta keramahannya.

Dalam menghadapi pembeli/pelanggan “suara penjual” juga sangat mempengaruhi dan memiliki daya tarik tersendiri. Oleh karena itu berbicaralah dengan suara yang jelas dan tidak tergesa-gesa. Selain suara yang lembut dan enak didengar, kemampuan memakai bahasa juga tidak kalah penting. Maka dari itu bahasa merupakan teknik yang paling tangguh dalam menhadapi pembeli.

Seorang penjual diharapkan juga mempelajari ilmu jiwa, karena tanpa pengetahuan tersebut sama saja seperti petani yang menanam padi tanpa diberi pupuk. Apabila ingin menghadapi pembeli dengan baik, maka penjual harus mempelajari ilmu jiwa. Cobalah pahami kata-kata berikut ini “pekerjaan seorang penjual lebih sukar jika dibandingkan dengan pekerjaan pegawai kantor”.

Teknik dalam Menghadapi Pembeli

Teknik untuk menghadapi pembeli/pelanggan harus berpedoman pada kebutuhan dan keinginan terhadap barang dan jasa. Oleh sebab itu, teknik untuk menghadapinya juga harus berbeda-beda, hal ini karena keinginan dan kebutuhan pembeli tidaklah sama. Untuk meyakinkan para pembeli/pelanggan agar mau membeli barang tidak dapat dipisahkan dari teknik menawarkan. Di sini penjual harus benar-benar mengenal barang yang dijualnya serta memiliki kemampuan untuk menghadapi para pembeli.

Teknik dalam menghadapi pembeli/pelanggan ialah harus bisa menjelaskan produk dengan apa adanya dan jangan berlebih-lebihan. Teknik lain untuk menghadapi para pembeli/pelanggan ialah dengan mengadakan demonstrasi suatu produk.

Kunci utama dalam melaksanakan teknik menghadapi pembeli ialah keterampilan menjual, antara lain yaitu kebijaksanaan, bersahabat, tidak mudah putus asa, sopan santun, memperhatikan kebutuhan dan keinginan para pembeli. Teknik dalam menghadapi para pembeli yang jitu ialah dengan mengucapkan salam yang menyenangkan. Teknik lainnya dalam menghadapi pembeli ialah dengan memberikan pertanyaan dan meminta nasihat ataupun pendapatnya.

Dari uraian diatas bisa diambil kesimpulan bahwa teknik dalam menghadapi pembeli/pelanggan, antara lain yaitu:
1)      Mencari data-data tentang keinginan dan kebutuhan pembeli/pelanggan.
2)      Penuh persahabatan dengan pembeli/pelanggan.
3)      Mengucapkan salam.
4)      Mengenalkan produk.
5)      Menjelaskan produk dengan apa adanya.
6)      Mendemonstrasikan produk.
7)      Bersikap sopan-santun dan ramah-tamah.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 26.4.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

Apa Itu Kombinasi Harga (Price Mix)?

Kombinasi Harga (Price Mix) Setiap perusahaan harus bisa menetapkan price mix (kombinasi harga) dalam rangka untuk memajukan promosi pen...