SOP dalam Melakukan Konfirmasi Keputusan Pelanggan

SOP dalam Melakukan Konfirmasi Keputusan Pelanggan

Arus barang dagangan dimulai ketika toko melakukan pemesanan barang dari pemasok (supplier) baik itu pesan secara tertulis ataupun secara langsung, namun pemesanan biasanya dilakukan secara tertulis. Hal tersebut karena informasi tentang jumlah dan jenis barang yang dibutuhkan sekaligus syarat-syaratnya akan lebih jelas, sehingga akan memudahkan dalam pemeriksaan dan penerimaan barang yang dibeli.

Untuk memudahkan arus barang dagangan dari penjual ke pembeli perlu adanya pengembangan suatu sistim yang bisa mempermudah pemeriksaan, begitu juga pada saat barang diterima oleh pembeli. Sistim tersebut harus memberikan informasi secara lengkap tentang barang yang dipesan secara cepat serta akurat. Unsur-unsur sistem tersebut antara lain yaitu:
a)      Bagian pengumpulan dan pengolongan pesanan (consolidator) ialah bagian yang pekerjaannya adalah mengumpulkan pesanan barang dagang dari berbagai pemasok.
b)      Penerima barang dagangan, ialah bagian yang pekerjaannya adalah menerima barang dagangan berdasarkan pesanan lalu kemudian mengadministrasikan bukti-bukti penerimaannya.
c)      Pemeriksa barang, yaitu bagian yang tugasnya adalah memeriksa barang pesanan, baik itu jumlah, jenis, ataupun kualitasnya.
d)      Penglodean barang dagangan, yaitu bagian yang tugasnya memberikan tanda-tanda pada barang yang sudah terseleksi berdasarkan pemeriksaan.
e)      Pendistribusian barang, yaitu bagian yang pekerjaannya mendistribusikan barang-barang ke tempat penjualan di dalam sesuai dengan kualifikasi dan klasifikasi yang ada di dalam toko yang bersangkutan.


Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 26.4.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel. Terima kasih.

Recommended

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Adalah penting bagi setiap perusahaan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen. Dimana p...