Pengertian, Tujuan, dan Unsur-Unsur Komunikasi Bisnis

Pengertian, Tujuan, dan Unsur-Unsur Komunikasi Bisnis

Keahlian seorang penjual atau pramuniaga dalam berkomunikasi merupakan alat promosi yang efektif untuk mempengaruhi minat calon pembeli/pelanggan dalam berbelanja, komunikasi merupakan proses untuk memperoleh pengertian yang sama. Menurut Wayne Murlyn Batty dan Willam C.H. Imstreet dalam buku Business Communicatian: Principles and Method, Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang dilaksanakan dalam dunia bisnis yang meliputi berbagai bentuk komunikasi baik itu komunikasi verbal ataupun komunikasi non verbal. Sementara secara umum komunikasi bisnis ialah pertukaran gagasan, informasi, pendapat, dan instruksi yang mempunyai tujuan tertentu yang disajikan secara personal ataupun impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal-sinyal.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh komunikator bisnis atau komunikasi pemasar adalah kegiatan yang membantu dalam pengambilan keputusan pada bidang pemasaran dan mengarahkan pertukaran supaya lebih memuaskan dengan cara menyadarkan seluruh pihak untuk pihak yang lebih baik.

Efektivitas komunikasi bisnis, seperti halnya dengan jenis komunikasi lainnya ditentukan oleh beberapa hal, antara lain yaitu:
1)      Persepsi. Komunikator harus bisa memprediksi apakah message (pesan) yang disampaikan bisa diterima oleh komunikan.
2)      Ketepatan. Komunikan atau audience mempunyai kerangka berpikir. Agar komunikasi yang dilaksanakan tepat sasaran, komunikator perlu untuk mengekspresikan hal yang ingin disampaikan agar sesuai dengan kerangka pikir komunikan.
3)      Kredibilitas. Dalam berkomunikadi komunikator harus mempunyai suatu keyakinan bawah komunikan bisa dipercaya. Dan sebaliknya dia juga harus bisa memperoleh kepercayaan dari komunikan.
4)      Pengendalian. Di dalam komunikasi, komunikan memberika sebuah reaksi atau umpan balik (feedback) terhadap pesan yang telah disampaikan. Reaksi ini harus dapat diantisipasi sekaligus juga dapat dikendalikan oleh komunikator sehingga komunikasi tersebut tidak melenceng dari target komunikasi yang diharapkan.
5)      Kecocokan. Komunikator yang baik akan selalu bisa menjaga hubungan persahabatan yang menyenangkan dengan para komunikannya.

Tujuan Komunikasi Bisnis

Secara umum, terdapat tiga tujuan komunikasi bisnis antara lain yaitu: Informing (memberi informasi), persuading (persuasi) dan collaborating (melakukan kolaborasi) dengan pelanggan (audiens).

Pengertian, Tujuan, dan Unsur-Unsur Komunikasi Bisnis

a.      Memberi Informasi (Informing)

Tujuan pertama komunikasi bisnis ialah memberikan informasi yang berhubungan dengan dunia bisnis ke pada pihak lain. Contohnya seorang pemimpin perusahaan ingin memperoleh pegawai yang diharapkan, maka ia akan memasang iklan melalui mas media, membuat situs di internet. Dalam hal ini setiap media memiliki kelebihan dan kekurangannya dilihat dari jangkauan serta biayanya, oleh karena itu harus memilah-milih media mana yang akan dipilih, dan hal tersebut tergantung pada kebijakan perusahaan dengan melihat kemampuan internal dari perusahaan tersebut. Contoh lainnya dari tujuan ini misalnya adalah sebuah Departemen Store memasang tulisan discont besar-besaran pada produknya.

b.      Memberi Persuasi (Persuading)

Tujuan kedua dari komunikasi bisnis ialah memberikan persuasi pada pihak lain agar apa yang disampaikan bisa dipahami dengan baik serta benar. Hal ini sering dilaksanakan terutama yang berhubungan dengan penegasan konfirmasi pesanan pelanggan ataupun negoisasi dengan pelanggan, agar masing-masing kedua belah pihak mendapatkan manfaat secara bersama-sama tanpa ada satupun yang merasa dirugikan.

c.       Melakukan Kolaborasi (Collaborating)

Tujuan ketiga komunikasi bisnis ialah melaksanakan kolaborasi atau kerja sama bisnis antara seseorang dengan orang lain. Melalui jalinan komunikasi bisnis seseorang bisa dengan mudah melaksanakan kerja sama bisnis. Sekarang ini seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi komunikasi seseorang bisa menggunakan berbagai media telekomunikasi seperti telpon, telpon seluler, internet. Teknologi komunikasi tersebut sangatlah penting dalam pererat kerjasama bisnis.

Unsur-Unsur Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis memiliki 6 (enam) unsur pokok, antara lain yaitu:
1)      Mempunyai tujuan, dalam artian bahwa komunikasi bisnis harus mempunyai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya yang sejalan dengan tujuan organisasi.
2)      Pertukaran, dalam hal ini yaitu melibatkan paling tidak dua orang atau lebih yaitu komunikator dan komunikan.
3)      Gagasan, informasi, opini, dan instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya sangat beragam tergantung situasi, tujuan, dan kondisinya.
4)      Menggunakan saluran personal ataupun impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, memakai media tertentu ataupun melalui media yang menjangkau jutaan (banyak) orang secara bersamaan.
5)      Meggunakan sinyal atau simbol yang merupakan alat atau metode yang bisa dimengerti ataupun dipahami oleh penerima pesan.
6)      Pencapaian tujuan organisasi. Salah satu karakteristik (ciri khas) yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi ialah adanya tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.
Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 13.4.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...