Pengertian dan Tujuan MDGS (Millennium Development Goals)

Pengertian dan Tujuan MDGS (Millennium Development Goals)

MDGS atau Millennium Development Goals adalah sebuah Deklarasi Milenium yang dihasilkan dari kesepakatan antar kepala negara beserta perwakilan dari 189 negara anggota Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di kota New York, AS yang mulai dijalankan pada bulan September tahun 2000, berupa delapan pokok tujuan yang diharapkan dicapai pada tahun 2015.

Delapan pokok tujuan tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Menanggulangi kemiskinan serta kelaparan
2.      Mencapai Pendidikan dasar untuk semua kalangan
3.      Mendorong kesetaraan gender serta pemberdayaan perempuan
4.      Menurunkan angka kematian pada Anak
5.      Meningkatkan kesehatan Ibu
6.      Memerangi penyakit HIV/AIDs, malaria serta penyakit menular lainnya
7.      Memastikan kelestarian lingkungan hidup
8.      Membangun kemitraan global untuk pembangunan

MDGS (Millennium Development Goals) merupakan bentuk kesepakatan bersama antara berbagai negara terkait 8 point di atas termasuk juga di dalamnya Indonesia yang turut menandatangani deklarasi milenium ini. Indonesia berkomitmen untuk melaksanakan deklarasi ini dan menjadi bagian yang terkait dengan program pembangunan nasional dalam jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang.

Lalu bagaimana penerapan deklarasi MDGS (Millennium Development Goals) di Indonesia? Dalam laporan Bappenas tahun 2010, pemerintah Indonesia mengklaim 8 dari target MDGs hampir semuanya tercapai. Berikut beberpa kutipan dari laporan Bappenas tahun 2010 mengenai tujuan MDGS:

Pengertian dan Tujuan MDGS (Millennium Development Goals)

1.      Memberantas Kemiskinan dan Kelaparan Ekstrem

Pada tujuan MDGs yang pertama, pemerintah Indonesia menerapkan tiga terget, yaitu:
a.       Menurunkan proporsi penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan menjadi setengahnya antara 1990-2015.
b.      Meneydiakan seutuhnya Pekerjaan yang produktif dan layak, terutama untuk perempuan dan kaum muda.
c.       Menurunkan proporsi penduduk yang menderita kelaparan menjadi setengahnya antara tahun 1990 dan 2015.

2.      Mewujudkan Pendidikan Dasar untuk Semua

Target Indonesia dalam tujuan ke dua dari MDGs ini adalah memastikan bahwa pada tahun 2015 semua anak di manapun ia berada, laki-laki maupun perempuan, akan bisa menyelesaikan pendidikan dasarnya secara penuh.

3.      Mendorong Kesetaran Gender dan Pemberdayaan Perempuan

Taarget ke tiga dari tujuan MDGs yang pemerintah Indonesia jalankan adalah menghilangkan ketimpangan gender pada tingkat pendidikan dasar dan lanjutan, lebih baik pada 2005, dan di semua jenjang pendidikan paling lambat terealisasi tahun 2015.

4.      Menurunkan Angka Kematian Anak

Selanjutnya pada tujuan menurunkan angka kematian anak Indonesia menargetkan mampu menurunkan angka kematian balita sebesar dua pertiganya antara tahun 1990 dan sampai 2015.

5.      Meningkatkan Kesehatan Ibu

Target pertama dalam peningkatan kesehatan ibu adalah menurunkan angka kematian ibu yang ditargetkan sebesar tiga perempatnya antara 1990 dan 2015. Dan yang ke dua adalah untuk mencapai serta menyediakan akses untuk kesehatan reproduksi untuk semua masyarakat pada tahun 2015.

6.      Memerangi HIV dan AIDS, Malaria Serta Penyakit Lainnya

Pemerintah Indonesia menerapkan tiga target untuk mencapai tujuan ini yaitu menghentikan dan mulai membalikkan trend penyebaran HIV AIDS pada tahun 2015, tersedianya akses universal yang ditujukan untuk perawatan terhadap HIV AIDS bagi yang membutuhkan pada tahun 2010, menghentikan serta mulai membalikkan kecenderungan persebaran malaria serta penyakit-penyakit utama lainnya pada tahun 2015.

7.      Memastikan Kelestarian Lingkungan

Ada 4 target yang hendak dicapai pemerintah dalam mewujudkan tujuan ini, yaitu menggabungkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam kebijakan serta program negara dan mengakhiri kerusakan sumberdaya alam, mengurangi dan menghentikan laju hilangnya keragaman hayati, serta mencapai pengurangan yang signifkan pada tahun 2010, menurunkan separuh proporsi penduduk yang tidak mempunyai akses yang berkelanjutan terhadap air minum aman dan sanitasi dasar pada tahun 2015, dan pada tahun 2020 telah mencapai perbaikan signifkan dalam kehidupan (setidaknya) 100 juta penghuni kawasan kumuh.

8.      Mengembangkan Kemitran Global untuk Pembangunan

Tujuan MDGs (Millennium Development Goals) terakhir ini, berhubungan dengan kerjasama internasional, yakni menelaah isu-isu seperti perdagangan, utang internasional dan bantuan. Namun, dalam kenyataannya sebagian besar target dan indikator yang ada ditujukan untuk negara-negara maju agar turut membantu negara-negara termiskin didunia dalam mencapai tujuan-tujuan MDGs lainnya.

9.      Meng-Indonesiakan MDGs

Tujuan ini adalah tujuan yang ditambahkan oleh pemerintah Indonesia agar MDGs lebih dikenal di tingkat propinsi, kota dan kabupaten sehingga adanya integrasi dan kerja sama untuk mencapai tujuan MDGs secara bersama-sama.
Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 7.4.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

Apa Itu Kombinasi Harga (Price Mix)?

Kombinasi Harga (Price Mix) Setiap perusahaan harus bisa menetapkan price mix (kombinasi harga) dalam rangka untuk memajukan promosi pen...