Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menindaklanjuti Respon dan Permintaan Konsumen

Menindaklanjuti Respon dan Permintaan Konsumen

Iklan dapat dikatakan berhasil apabila iklan tersebut dapat meningkatkan omzet penjualan, menarik konsumen untuk membeli produk, meningkatkan keuntungan, membuat produksi perusahaan meningkat, menimbulkan kepercayaan pada merk produk, dan membuat perusahaan menjadi terkenal.

Hasil efektivitas iklan dapat terlihat dengan adanya respon dari konsumen, oleh karena itu pihak perusahaan harus tanggap atas bebagai reaksi dari konsumen tersebut, karena hal tersebut akan berdampak pada kelangsungan produk dan kemajuan perusahaan. Untuk itulah perusahaan harus segera meningkatkan mutu pelayanan serta penyediaan produk yang cukup sehingga tidak akan mengecewakan konsumen.

Respon konsumen terhadap produk yang ditawarkan melalui iklan bisa segera terlihat dengan meningkatnya permintaan produk tersebut. Untuk menindak lanjuti respon tersebut perusahaan dapat melakukan hal-hal berikut ini:
a)      Memberi sampel (contoh barang yang ditawarkan sesuai yang dikatakan iklan).
b)      Mengadakan demonstrasi penjualan.
c)      Menjelaskan lebih rinci akan manfaat produk.
d)      Memberi fasilitas pada pelanggan mengenai cara pembayaran (tunai atau kredit).
e)      Melayani para konsumen/pelanggan yang ingin mengetahui kualitas dan garansi barang.

Menindaklanjuti Respon dan Permintaan Konsumen

Maraknya kegiatan belanja yang dilakukan oleh rumah tangga konsumsi melalui pesawat telpon ataupun internet mengharuskan para pelanggan atau penjual mempunyai keterampilan atau kemampuan khusus yang diperlukan agar penjual tersebut bisa menarik konsumen sebanyak-banyaknya yang pada akhirnya akan meningkatkan laba perusahaan, berikut akan diuraikan macam-macam ketrampilan khusus yang harus dimiliki oleh penjual:

1.      Keterampilan Berkomunikasi

Komunikasi melalui telpon termasuk komunikasi tidak langsung atau lisan, karena antara penelpon dan yang menerima telpon tersebut tidak terjadi tatap muka atau pertemuan, oleh karena itu diperlukan kesabaran, kecakapan, serta komitmen antara penerima dan pengirim, seorang penjual yang baik harus bisa mendengarkan dengan cermat dan dengan penuh perhatian pada setiap kata yang diucapkan pelanggan, serta mapu mendiskripsikan dan menerangkan kebutuhan calon pembeli.

2.      Ketrampilan Menjual

Seorang penjual harus betul-betul merencanakan dengan matang, sehingga akan dapat menggiring atau mengarahkan calon konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

3.      Ketrampilan Mendengarkan

Ketrampilan mendengarkan sangatlah penting dalam segala bentuk komunikasi lisan, oleh karena itu penjual harus memahami hal-hal yang dapat menghambat upaya mendengarkan dengan baik, antara lain yaitu:
a.       Gangguan pribadi.
b.      Ganguan eksternal.

4.      Bersikap Lugas

Bersikap lugas artinya adalah berhubungan dengan orang-orang secara terbuka tanpa bersikap pasif maupun agresif, bersikap lugas akan memungkinka kita untuk:
a.       Bekerja sama dengan orang lain tanpa menimbulkan masalah.
b.      menerima kritik.
c.       Penuh percaya diri.
d.      Secara efektif dapat berhubungan dengan orang lain meski dalam situasi yang tidak menyenangkan.
e.       Menyatakan ketidak setujuan tanpa menimbulkan konflik.


Posting Komentar untuk "Menindaklanjuti Respon dan Permintaan Konsumen"