CARA MENGENDALIKAN KEBERATAN PEMBELI

Cara Mengendalikan Keberatan Pembeli

Keberatan pembeli terhadap pembelian produk, bisa menimbulkan masalah dalam penjualan. Dalam hal ini ada kemungkinan terjadi ketidakpuasan ataupun ketidaksesuaian pemahaman antara pembeli dan penjual. Tetapi keberatan tersebut tetap harus ditanggapi dengan penuh kebijakan, karena apabila tidak ditanggapi dengan baik maka para pembeli tidak akan mau membeli produk tersebut lagi.

Apabila terlihat adanya tanda-tanda keberatan dari pembeli terhadap barang-barang yang ia beli, seorang penjual harus bisa menguasai diri. Dalam hal ini seorang penjual jangan terselut emosi dan jangan memperlihatkan ketidaksenangannya. Dalam menghadapi dan mengatasi keberatan pembeli, seorang penjual harus dapat mengajak calon pembeli untuk berbicara. Kemudian dengarkan seluruh keberatan dan keluhannya dengan senang dan tenang, setelah itu ajukan beberapa pertanyaan dan kemudian pengaruhi dengan anjuran.

Beberapa cara praktis yang dapat dilakukan untuk mengatasi atau mengendalikan keberatan pembeli antara lain yaitu:
1)      Penjual harus mengetahui lebih daulu apa yang menjadi keberatan pembeli.
2)      Dengarkanlah dengan baik keberatan dari pembeli tersebut, jangan pernah memotong pembicaraannya.
3)      Ulangilah seluruh keberatan dari calon pembeli tersebut dengan bahasa penjual sendiri.
4)      Usahakan agar calon pembeli tersebut mengetahui akan keberatan dari penjual.
5)      Kemudian jawablah seluruh keberatan tersebut tanpa berbantah.
6)      Apabila calon pembeli mengajukan keberatan yang sifatnya umum, maka jawablah dengan menunjukan ciri-ciri khusus dari barang yang bersangkutan.
7)      Jangan menganggap keberatan dari calon pembeli itu merupakan sesuatu yang salah.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 29.4.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...