8 KARAKTERISTIK PENJUAL

8 KARAKTERISTIK PENJUAL

Menurut Sutamto (1986), tenaga penjualan harus memiliki syarat yaitu berkeperibadian menarik, sopan, lincah, sehat dan ulet, jujur, serta mengerti prinsip administrasi. Sementara Faisal Afiff (1982), mengungkapkan bahwa tenaga penjual harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

a.      Penampilan Penjual

Untuk menarik hati pelanggan, maka perlu diperhatikan penampilan dari seorang penjual seperti kesegaran wajah dengan senyum yang cerah, bagaimana tutur katanya, tingkah lakunya, dan sebagainya. Menurut Yati Sulastri, hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 900 perempuan berusia antara 18-24 tahun yang disurvey, 55% diantaranya menilai bahwa penampilan adalah hal yang menarik dari seorang perempuan dan hanya 1% saja yang menilai perempuan dari tingkat kecerdasannya.

b.      Karakteristik Penjual

Menurut Sutamto (1986), karakterisitik tenaga penjualan dapat dibagi menjadi 8, antara lain yaitu:

8 Karakteristik Penjual

1.      Sikap

Sikap yang baik dari tenaga penjual ialah dengan berdiri degan posisi yang tegak, tidak bersandar pada etalase ataupun benda-benda lainnya. Karena sikap ini akan memberikan kesan kepada pelanggan bahwa penjual selalu siap untuk melayani dan menolong pelanggan dengan penuh semangat. Sehingga hal tersebut merupakan awal yang menyenangkan bagi pelanggan.

2.      Mimik Muka

Penjual yang baik harus memerlihatkan mimik muka yang tetap rileks, ramah, dan tidak tegang. Bersikaplah seolah-olah penjual adalah manusia yang tetap gembira. Usahakanlah jangan sampai rasa jemu nampak pada mimik muka.

3.      Suara dan Bahasa

Berbicaralah dengan jelas, tegas dan dengan tutur kata yang sopan. Jangan pernah berbicara kurang baik, kasar dan bertele-tele, jangan berbisik-bisik, jangan menjerit-jerit atau melakukan setengah berteriak, berbicaralah yang sewajamya atau tidak dibuat-buat. Selama berbicara menghadaplah selalu ke arah pembeli, jangan cepat-cepat memutus pembicaraan serta jawab segala sesuatunya dengan tepat. Selain itu juga, perhatikanlah nada suara. Berusaha untuk selalu berbicara dengan nada yang meyakinkan.

4.      Pakaian

Pakaian harus nampak selalu rapih, sopan, bersih, dan nampak terpelihara, tidak ada satupun kancing yang terlepas, kain yang sobek atau kusut dan sebagainya. Pakaian yang dipakai harus menunjukan selera yang baik (terutama pada toko pakaian dan perhiasan). Untuk toko pakaian, pelayannya harus memakai mode-mode mutakhir namun tidak terlalu menyolok mata.

5.      Rambut

Sebaiknya rambut dipangkas praktis supaya mudah untuk memeliharanya dan selalu bisa disisir rapih. Bagi wanita, ada baiknya rambut tidak usah terlalu panjang hal ini karena dikhawatirkan akan mengganggu kelancaran dalam bekerja.

6.      Tangan

Bagi toko makanan, perhiasan dan pakaian, kebersihan tangan dan kuku merupakan hal yang sangat penting untuk dipelihara. Jangan sesekali memakai kutek yang menyolok mata. Tangan dan kuku yang terawat baik akan dapat meningkatkan rasa percaya dari pelanggan.

7.      Make-up

Gunakanlah make-up yang lembut dan sederhana serta sesuai situasi dan kondisi pekerjaan.

8.      Kepribadian Penjual

Kepribadian penjual yang baik ditunjukan dengan memiliki rasa percaya diri, kesabaran, kesopanan, kebijaksanaan, kejujuran, semangat, ketepatan atau kedisiplinan, ingatan dan berpikir positif, suka menolong, dan dapat mencari penyelesaian konflik dengan baik. Selain itu juga dapat merasakan apa yang dirasakan oleh pelanggan dan bisa mengakui kesalahan yang dilakukannya.
Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 11.4.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

Apa Itu Kombinasi Harga (Price Mix)?

Kombinasi Harga (Price Mix) Setiap perusahaan harus bisa menetapkan price mix (kombinasi harga) dalam rangka untuk memajukan promosi pen...