Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat-Syarat Menjadi Seorang Negosiator yang Baik

SYARAT-SYARAT MENJADI SEORANG NEGOSIATOR

Untuk menjadi negosiator yang baik, maka aktivitas negosiasinya harus mempunyai kemampuan untuk bernegosiasi yang baik, sehingga sasaran bisa tercapai secara efisien dan efektif. Adapun kemampuan-kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang negosiator antaara lain sebagai barikut:

1.      Kemampuan yang Berhubungan dengan Keadaan Fisik

Kemampuan yang berhubungan dengan keadaan fisik ini antara lain yaitu:

a.       Kecerdasan

Tidak bisa dipungkiri bahwa kecerdasan akan membuat seorang negosiator sukses dalam melakukan negosiasi. Kecerdasan bisa berkembang seiring dengan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh. Dengan adanya kecerdasan maka akan memudahkan dalam beradaptasi dan bersikap fleksibel terhadap calon konsumen.

b.      Berpenampilan Fresh

Penampilan diri yang fresh akan menambah kepercayaan dalam diri seorang negosiator. Hal demikian akan memberikan kebebasan pada diri seorang negosiator dalam mempresentasikan segala sesuatu yang berhubungan dengan sasaran.

c.       Memiliki Rasa Humor

Berdasarkan sebuah penelitian yang pernah dilakukan, diketahui bahwa rasa humor bisa mengurangi ketegangan dan rasa stress. Oleh karena itu tidak ada salahnya sebagai negosiator mempunyai rasa humor sehingga suasana yang tercipta selama proses negosiasi akan lebih akrab dan santai, dan hal tersebut akan memberikan keuntungan sendiri bagi negosiator dalam mencapai sasarannya.

d.      Pengertian

Dengan rasa pengertian ataupun kesadaran tinggi pada diri seorang negosiator secara tidak langsung akan meningkatkan hubungan yang baik dengan calon konsumen. Atau dengan kata lain, negosiator harus bisa menempatkan diri, kapan dia harus mendengarkan dan kapan dia harus berbicara kepada calon pelanggannya sehingga calon pelanggannya akan merasa dihargai. Hal tersebut berguna untuk menciptakan hubungan yang baik diantara kedua belah pihak.

e.       Perhatian

Seorang negosiator diharapkan memiliki perhatian kepada para calon pelanggannya. Dengan begitu calon pelanggan akan merasa nyaman berada didekat negosiator tersebut dan negosiasi bisa berjalan dengan baik. Karena dengan perhatian yang diberikan oleh negosiator maka calon pelanggan akan merasa dihargai dan akan merasa tertarik untuk mengikuti jalannya negosiasi dengan lebih seksama.

f.       Pandai Bergaul

Seorang negosiator harus pandai bergaul dengan siapapun, dan tidak membeda-bedakan golongan serta kelas tertentu. Dengan begitu kegiatan negosiasi akan berjalan dengan lancar. Hal ini karena dengan bergaul negosiator akan mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan yang sangat berguna dalam bernegosiasi. Selain itu negosiator akan mengenal berbagai macam karakter manusia yang berbeda-beda dan ini akan sangat berguna untuk negosiator dalam menyesuaiakan diri dengan orang lain. Sikap fleksibel inilah yang bisa memperlancar proses negosiasi yang sedang dijalankan.

g.       Memiiliki Toleransi Kepada Orang Lain

Bagi seorang negosiator sifat toleran sangat diperlukan untuk bisa menahan terhadap rasa dan pendirian yang bertentangan dengan dirinya. Sehingga akan memudahkannya untuk menguasai dirinya (tidak emosional) dan negosiasipun akan berjalan dengan lancar.

h.      Dapat Menerima Rangsangan Dari Luar

Terkadang berita yang tidak mengenakan dari luar juga bisa mempengaruhi negosiator dalam melaksanakan negosisasi. Hal tersebut bisa menimbulkan rasa marah, cemas dan segala hal yang bisa menimbulkan emosi. Oleh sebab itu penting bagi negosiator untuk menjaga situasai yang demikian itu agar tidak mengganggu jalannya negosiasi.

2.      Kemampuan yang Berhubungan dengan Sifat, Karakter, atau Kepribadian


Syarat-Syarat Menjadi Seorang Negosiator yang Baik

Kepribadian seorang negosiator dapat mempengaruhi kelancaran negosiasi. Kepribadian yang baik akan menjadikan kegiatan negosiasi berjalan dengan sangat baik. Kepribadian yang baik yang harus dimiliki oleh seorang negosiator antara lain yaitu:

a.       Bersikap Jujur

Dalam melakukan sebuah negosiasi dibutuhkan kejujuran. Memang cukup sulit untuk mengungkapkan kejujuran.Yang dimaksud dengan kejujuran disini ialah jujur dalam menyampaiakan informasi, tidak membohongi calon konsumen khususnya yang berhubungan dengan produk yang dijual. Kejujuran dapat menambah hebungan yang lebih baik dan lebih harmonis antara negosiator dengan calon konsumen.

b.      Inisiatif dan Kreatif

Biasanya orang yang mempunyai inisiatif dan kreatif dalam melakukan sesuatu akan dengan penuh semangat melaksanakan pekerjaan tanpa diperintah dan bisa mengatasi masalah-masalah yang sedang dihadapinya. Dengan sikap seperti ini seorang negosiator dalam menghadapi calon konsumen tidak akan memiliki keraguan, antusias, serta mampu mengambil keputusan secara tepat dan cepat, sehingga akan memberikan pengaruh kepada calon konsumen untuk yakin dan menerima sesuatu yang ditawarkan oleh negosiator.

c.       Konsekuen dalam Perbuatan

Dalam dunia bisnis, segala sesuatunya harus sesuai dengan apa yang sudah diucapkan atau dilakukan. Tidak menyimpang dari apa yang sudah diputuskan. Sikap yang demikian itu merupakan sikap dari orang yang berwatak teguh atau konsekuen dalam perbuatannya. Dalam bicara tidak terlalu muluk dan sesuai dengan fakta yang sesungguhnya. Hal tersebut akan menimbulkan rasa percaya pada diri calon konsumennya yang pada akhirnya negosiator bisa mengarahkan calon konsumen tersebut sesuai dengan apa yang diinginkan oleh negosiator.

3.      Berhubungan dengan Pengetahuan

Selain dituntut untuk memiliki kepribadian yang baik, seorang negosistor juga diharapkan memiliki pengetahuan yang luas, baik yang berkaitan dengan negosiasi itu sendiri maupun dengan pengetahuan lain yang mendukung proses negosiasi. Adapun pengetahuan yang harus dimilki oleh seorang negosiator yaitu sebagai berikut:

a.       Memiliki Pengetahuan Tentang Negosiasi

Untuk menjadi seorang negosiator yang baik ada baiknya mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang berkaitan dengan negosiasi. Minimal mengetahui teorinya, sehingga akan memudahkan negosiator dalam mencapai sasaran yang sudah ditetapkan.

b.      Memiliki Pengetahuan Tentang Kepribadian

Pengetahuan tentang kepribadian sangat penting bagi seorang negosiator untuk mengetahui karakter calon konsumen yang dihadapinya. Hal ini akan memudahkan negosiator dalam menentukan langkah-langkah apa yang harus dilakukannya nanti pada saat proses negosiasi.

c.       Memiliki Pengetahuan Tentang Lingkungan

Seorang negosiator harus mempunyai pengetahuan tentang lingkungan. Yang dimaksud dengan lingkungan disini ialah lingkungan dimana akan dilaksanakan negosiasi, apakah negosiasi akan dilakukan pagi hari, siang hari, sore hari dan pada waktu lainnya. Dengan begitu negosiator dapat mempersiapkan diri dengan baik.

d.      Memiliki Pengetahuan Tentang Organisasi

Pengetahuan mengenai organisasi yang harus dimiliki oleh seorang negosiator disini ialah pengetahuan mengenai seberapa besar wewenang yang diberikan oleh perusahaan ke pada negosiator dalam pengambilan kesputusan yang sesuai dengan kebijakan ataupun prosedur perusahaan yang berlaku yang berhubungan dengan negosiasi yang akan dilakukan.

e.       Sering Melakukan Latihan Negosiasi

Untuk bisa melakukan negosiasi dengan sangat berhasil, sebelumnya negosiator harus mempersiapkan dirinya dengan sebaik-baiknya. Adapun persiapan yang bisa dilakukan yaitu mempersiapkan dan membaca kembali materi negosiasi, mempersiapkan fisik dan mental, serta mempersiapkan alat bantu demontrasi (jika perlu). Sebaiknya negosiator juga berlatih melakukan negosiasi dengan rekan kerja supaya pada saat melakukan negosiasi yang sebenarnya tidak melakukan sebuah kesalahan.

Posting Komentar untuk "Syarat-Syarat Menjadi Seorang Negosiator yang Baik"