Pengertian Mesin Cash Register dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Mesin Cash Register dan Jenis-Jenisnya

Mesin Kasir atau mesin Cash Register adalah suatu peralatan mekanik ataupun elektronik untuk menghitung serta mencatat transaksi penjualan yang umumnya terintegrasi secara modul dengan laci (cash drawer) untuk menyimpan sejumlah uang. Cash register biasanya juga mengeluarkan hasil cetak atau print dari struk penjualan (receipt) untuk konsumen.

Penerimaan kas yang asalnya dari hasil penjualan tunai dilakukan melalui cash register. Agar terbaca oleh pembeli, cash register harus ditempatkan pada loket kasir sedemikian rupa. Dan sebagai bukti bahwa mesin sudah mencatat data yang dimasukan ke dalamnya maka cash register harus mengeluarkan bunyi seperti “kring“, terapat banyak perusahaan yang menghubungkan cash registernya langsung ke komputer. Komputer diprogram agar bisa mencatat data yang dimasukan oleh petugas penjualan dari kas register langsung pada catatan akuntasi.

Petugas penjualan yang bertugas mengoprasikan cash register tidak boleh merangkap sebagai petugas pembuka cash register. Serta pada jam-jam tertentu maupun pada akhir jam kerja petugas penjualan harus menghitung lagi uang yang ada dalam cash register, kemudian hasil dari perhitungan dan uangnya diserahkan kepada kasir. Seperti halnya dengan petugas penjualan, kasir juga menangani kas, oleh sebab itu kasir tidak diperkenankan merangkap sebagai petugas pencatat transaksi kas.

Petugas ketiga umumnya dari bagian akuntasi akan memeriksa hasil catatan komputer melalui cash register (ataupun kertas catatan dalam cash register) dan membandingkannya dengan uang yang diterima oleh kasir sebagaimana yang tercantum dalam laporan yang dibuat oleh kasir. Jika digunakan kertas pencatat dalam cash register, maka data yang ada didalam kertas pencatat tadi dipakai dasar untuk membuat jurnal atas transaksi penjualan tunai. Petugas pada bagian akuntasi melaksanakan pencatatan transaksi kas namun ia tidak memiliki kewenangan mengurus kas yang sesungguhnya. Namun sebaliknya petugas penjualan dan kasir akan berurusan langsung dengan kas yang sesungguhnya. Dalam praktek mesin cash register yang dipakai berbagai macam merk dan type, namun pada prinsipnya langkah-langkah dasar dalam mengoperasikannya hampir sama.

A.     Jenis-Jenis Mesin Cash Register

Jenis mesin cash register yang dipakai ada 2 macam, antara lain yaitu:

1.      Mesin Cah Register dengan Infra Merah (Scanner)

Jenis cash register tipe ini banyak dipakai di toko-toko swalayan besar seperti hypermarket. Penggunaan mesin cash register ini relatif lebih mudah. Kasir hanya cukup menyorotkan scanner kearah Barcode barang yang ada pada kemasan. Lalu otomatis pada mesin cash register akan muncul kode, nama barang dan harganya.

2.      Mesin Cash Register Manual

Jenis cash register manual ini banyak dipakai di toko, di mini market, di tempat yang menjual fast food, apotik, cafeteria, dan lain sebagainya. Untuk mengoperasikan alat ini diperlukan pengetahuan dan keterampilan kasir.

B.     Kelebihan Mesin Cash Register Dibandingkan dengan Mesin Hitung Saku atau Kalkulator

Beberapa kelebiah mesin cash register dibandingkan dengan mesin lainnya antara lain yaitu:
a)      Dapat mempercepat penyelesaian transaksi pembayaran secara tepat dan akurat.
b)      Dapat mengetahui jenis dan nama barang yang dijual atau dibeli.
c)      Dapat mengetahui kelompok umur dan kebangsaan pembeli.
d)      Dapat mengetahui total penjualan.
e)      Dapat mengetahui stock barang yang masih ada untuk tiap jenis barang.
f)       Sebagai alat kontrol bagi pemilik toko.

C.     Contoh Mesin Cash Register

Mesin Cash Register yang digunakan di toko ada berbagai jenis type dan merk. Dari berbagai merk tadi antara lain seperti Sharp, Olympia, Samsung, dan sebagainya.

Contoh Mesin Cash Register

Bagian-bagian dari mesin ini, antara lain yaitu:
a)      Tampilan dari depan: terdiri dari customer display, operator display, body mesin, dan bagian keyboard.
b)      Bagian Printer: terdiri dari dari pita, roll kertas untuk struk belanja, dan roll kertas untuk copy perusahaan.
c)      Bagian laci (drawer) dipakai untuk menyimpan uang.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 6.3.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...