Pelayanan Pelanggan dalam Proses Penjualan yang Menyenangkan

Pelayanan Pelanggan dalam Proses Penjualan yang Menyenangkan

Di era persaingan global seperti sekarang ini, pelayanan pelanggan menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam memenangkan persaingan pasar. Pelayanan Pelanggan yang pada era sebelumnya hanya menjadi perhatian perusahaan bidang jasa seperti Bank dan Asuransi saja, kini sudah menjadi pengetahuan yang wajib bagi seluruh perusahaan dari berbagai bidang usaha, apakah itu manufaktur maupun perdagangan serta juga bagi semua lini atau departemen. Semuanya mau tidak mau sudah harus memperhatikan faktor pelayanan pelanggan ini sebagai sesuatu yang penting.

Penjualan (selling) merupakan sasaran utama diantara kegiatan pelayanan didalam penjualan dan pembelian barang. Dalam transaksi jual beli dilakukan perundingan, persetujuan mengenai harga dan serah terima barang berikut dengan pembayarannya. Kegiatan penjualan diharapkan bisa menciptakan kepuasan dalam pelayanan untuk para pembeli barang atau jasa.

Pelayanan Pelanggan dalam Proses Penjualan yang Menyenangkan

Untuk bisa meningkatkan permintaan terhadap produk, seorang penjual harus bisa meningkatkan pelayanannya dalam penjualan dan pembelian. Pelayanan dalam penjualan dan pembelian yang baik merupakan kunci dari keberhasilan dalam dunia bisnis. Dalam rangka memberikan kepuasan ke pada para pembeli, maka harus sesuai dengan konsep penjualan yakni seorang penjual harus melakukan usaha pembinaan terhadap para pembeli tersebut melalui pelayanan yang baik serta memuaskan.

Penjual yang paling diharapkan oleh seorang pembeli ialah adanya perasaan yang bersahabat, sopan santun serta memperhatikan segala bentunk keinginan dan kebutuhan para pembeli. Jika para penjual bisa memberikan kesan persahabatan kepada pembeli, maka dalam transaksi jual beli tersebut akan menimbulkan suasana yang menyenangkan. Sementara itu para pembeli akan merasa kurang puas, jika para penjual bertindak kurang bersahabat atau bahkan sikapnya tidak menyenangkan.

Apabila seorang penjual tidak memberikan rasa puas kepada para pembeli, maka akibatnya bisnis yang dijalankannya akan mengalami kegagalan. Oleh karena itu proses penjualan perlu untuk dikaji melalui pengidentifikasian tingkat mental yang dilakukan oleh calon pembeli, sehingga akan terjadi proses transaksi jual beli. Adapun proses pelayanan dalam penjualan barang dan jasa yang menyenangkan adalah sebagai berikut:
a.       Memiliki perhatian terlebih dulu kepada para pembeli.
b.      Mendorong para pembeli agar berminat untuk membeli.
c.       Mendorong agar para pembeli mau memiliki barang.
d.      Memotivasi agar transaksi jual beli dapat terjadi.

Sebetulnya yang paling penting untuk menciptakan suasana penjualan yang menyenangkan ialah sikap dari para penjual itu sendiri. Sikap seorang penjual harus menunjukkan sikap ramah-tamah terahdap setiap pembeli. Seorang penjual yang baik terutama harus mempunyai pengetahuan mengenai barang-barang yang akan dijualnya. Sikap hormat seorang penjual terhadap pembeli juga sangat diperlukan, agar para pembeli merasa dirinya dihargai sebagai seseorang yang paling penting. Sikap hormat seorang penjual terhadap pembeli bisa diperlihatkan dengan kecekatan melayani, serta memperhatikan segala bentuk keinginan dan kebutuhannya.

Seorang penjual yang baik tidak akan membiarkan para pembeli menunggu layanan yang terlalu lama, dari penjelasan di atas bisa diambil kesimpulan, bahwa penjual yang bisa menciptakan suasana penjualan yang menyenangkan adalah penjual yang:
a.       Sopan santun terhadap pembeli.
b.      Ramah tamah terhadap pembeli.
c.       Memiliki sikap bersahabat terhadap pembeli.
d.      Mengenal dan menyelami sifat-sifat dan tipe-tipe para pembeli.
e.       Memiliki perhatian akan kebutuhan para pembeli.
f.       Memiliki pengetahuan tentang barang-barang yang akan dijual.
g.       Selalu bijaksana dalam menghadapi para pembeli.
h.      Cekatan dalam melayani para pembeli.
i.        Periang dan mudah bergaul.
j.        Murah senyum dan selalu menyampaikan salam kepada para pembeli.

Seorang penjual yang baik ialah penjual yang bisa menimbulkan kesan menyenangkan bagi para pembeli, sehingga akan menimbulkan rasa simpati kepadanya. Dan seorang penjual yang menyenangkan tentu datang dengan wajah yang berseri-seri.
Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 23.3.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

Apa Itu Kombinasi Harga (Price Mix)?

Kombinasi Harga (Price Mix) Setiap perusahaan harus bisa menetapkan price mix (kombinasi harga) dalam rangka untuk memajukan promosi pen...