Mesin POS (Point of Sales)

Mesin POS (Point of Sales)

Mesin POS (Point of Sales ) adalah seperangkat sistem komputer yang terdiri atas sistem operasi, sofware dan hardware yang didesain khusus dengan dilengkapi beberapa alat atau device agar bisa membantu mempercepat proses transaksi jual beli. Point of sale terminal biasanya digunakan di supermarket maupun di departement store. Alat POS ini terdiri dari keyboard yang berfungsi untuk memasukkan data barang yang dijual, layar display yang berfungsi untuk tampilan data, serta alat cetak yang berfungsi untuk mencetak tanda terima bagi konsumen atau pembeli. Alat tambahan dalam POS (Posint of Sales) ialah automatic tag reader atau optical character recognition (OCR). Tag reader adalah alat yang dipakai untuk mengenali atau membaca label yang menempel pada barang yang ditulis dengan huruf OCR serta bar code.

Mesin POS (Point of Sales)

1.      Perbedaan Electronik Cash Register dengan POS (Point of Sales)

Sebagian besar produk POS (Point of Sales) ialah berupa Computer Cash Register (CCR) dan memang penggunaannya ditujukan untuk menggatikan Electronik Cash Register (ECR). Perbedaan utama dari ECR dan CCR ialah CCR memiliki kemampuan yang tak terbatas, bisa ditambahkan alat atau device serta bisa diprogram sesuai dengan keinginan dari User, sementara ECR terbatas.

a.      Komponen Hardware pada POS (Point of Sales)
1)      CPU (Central Processing Unit) terdiri dari Mainboard, processor, memori, harddisk dsb.
2)      Monitor CRT atau LCD.
3)      Customer Display untuk menyajikan informasi kepada konsumen.
4)      Mini Printer untuk mencetak Struk dan Slip.
5)      Cash Drawer, laci untuk menyimpan uang yang dapat membuka otomatis setelah transaksi.
6)      Barcode Printer, untuk mencetak barcode- Barcode Scanner, untuk membaca isi barcode.
7)      Modul Touchscreen, media pemasukan data dengan sentuhan jari di monitor.
8)      Programmable keyboard adalah keyboard yang setiap tombolnya dapat diprogram isinya.
9)      MCR (magnetic card reader) membaca data yang tersimpan pada kartu magnet (kredit card, ATM dsb).
10)  Modem, untuk mengirim dan menerima data via kabel telepon- Finger Scan, Alat untuk membaca sidik jari.

b.      Software atau perangkat lunak ialah program ataupun sekumpulan instruksi yang dirancang sedemikian rupa sehingga POS (Point of Sales) bisa berjalan sesuai dengan fungsi dan keinginan dari pengguna komputer. Terdapat 2 macam software yaitu:
1)      Software paket, yakni software yang sudah jadi serta siap pakai, pada software paket terdapat fungsi standar sehingga setiap user yang sistemnya sama tau cocok bisa menggunakannya.
2)      Software taylor made, yakni software yang dibuat khusus untuk pemakai dimana sistemnya memiliki keunikan dan kebutuhan untuk memperluas kemampuannya.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 7.3.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel. Terima kasih.

Recommended

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Adalah penting bagi setiap perusahaan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen. Dimana p...