Menggunakan Mesin Kasir Saat Transaksi

Menggunakan Mesin Kasir Saat Transaksi

Mesin kasir (cash register) merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan jual beli. Mesin kasir (cash register) dapat mempermudah proses transaksi sehingga menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan pentingnya penggunaan mesin kasir (cash register) dalam proses transaksi ini, maka sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara mengoperasikannya. Umumnya ada dua tipe mesin kasir (cash register) yaitu mesin kasir (cash register) yang menggunakan scanner dan mesin kasir (cash register) yang manual. Berikut cara mengoperasikan keduanya.

Menggunakan Mesin Kasir Saat Transaksi

1.      Untuk Cash Register yang Menggunakan Scanner

Kasir cukup menscan barcode yang ada pada barang dengan mesin scanner, yang merupakan salah satu bagian dari mesin kasir. Pada saat kasir menscan barang akan muncul nama barang, jumlah barang, sekaligus harga barang yang bersangkutan. Apabila ada konsumen yang membeli lebih dari satu barang yang sama, maka kasir bisa menscan barang yang barsangkutan satu persatu atau scan barang (satu saja), kemudia tekan tombol Esc (escape), lalu tekan angka sesuai jumlah barang, kemudian tekan enter, maka pada monitor akan tampil nama barang, harga dan jumlah barang yang dibeli oleh konsumen.
a)      Apabila pada barang tidak terdapat barcode, maka kasir bisa melihat PLU barang yang bersangkutan tersebut dengan menekan tombol F1 pada mesin kasir. Selanjutnya kasir dapat mengetik secara manual PLU barang, maka selanjutnya akan muncul nama, harga dan jumlah harga, lalu tekanlah enter maka akan diketahui total transaksi tersebut.
b)      Pilih menu pembayaran tunai atau kredit.
c)      Apabila pembayaran dilakukan secara tunai, masukkan atau ketik jumlah uang yang diberikan oleh konsumen.
d)      Tekan tombol Enter, maka transaksi selesai lalu berikan uang kembalaian kepada konsumen (jika ada).

2.      Untuk Cash Register Manual

Berbeda dengan mesin kasir (cash register) yang menggunakan scanner, berikut cara mengoperasikan mesin kasir (cash register) manual:
a)      Masukkan kode PLU barang yang akan dibeli oleh konsumen, setelah itu otomatis akan muncul harga barang tersebut.
b)      Apabila konsumen membeli barang lebih dari satu, kasir tinggal menekan jumlah barang yang dibeli, lalu tekan tanda X, dan tekan kode PLU.
c)      Apabila sudah selesai memasukkan transaksi tersebut lalu tekan ST.
d)      Masukkan jumlah uang yang dibayarkan sesuai harga barang yang dibeli lalu tekan TL, transaksi selesai dan berikan uang kembalaian kepada konsumen (jika ada).

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 7.3.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel. Terima kasih.

Recommended

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Adalah penting bagi setiap perusahaan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen. Dimana p...