Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses Komunikasi dan Unsur-unsur Komunikasi

Proses Komunikasi dan Unsur-unsur Komunikasi

Komunikasi merupakan sebuah proses transaksional, dimana terjadi hubungan antara satu individu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu agar seorang individu bisa menyampaikan pesannya secara efektif kepada orang lain maka dibutuhkan sebuah kemampuan untuk memahami komunikasi interpersonal.

Komunikasi melibatkan tiga unsur, antara lain yaitu pengirim (sender), media Komunikasi dan penerima (receiver). Oleh karena itu agar komunikasi dapat berlangsung, maka harus terdapat sumber (source) dan penerima (receiver) yang mempunyai pengalaman yang sama. Hal tersebut didasarkan pada istilah dasar kata Komunikasi yakni ‘communis’ yang dapat diartikan dengan “sama”. Dengan begitu komunikasi dapat berlangsung jika terdapat kesamaan antara pengirim dan penerima. Kesamaan tersebut merupakan kesamaan pengetahuan mengenai bahasa atau sandi, sistem nilai, konsep, pengalaman, dan lain sebagainya.

Proses Komunikasi dan Unsur-unsur Komunikasi

Proses komunikasi bisa diartikan sebagai transfer informasi ataupun pesan (messages) dari pengirim pesan sebagai komunikator dan kepada penerima pesan sebagai komunikan, yang didalam proses komunikasi tersebut bertujuan (feedback) untuk mencapai pemahaman bersama (mutual understanding) antara kedua belah pihak.

1.      Hambatan yang bersifat teknis yakni pesan yang tidak utuh diterima oleh komunikan karena gangguan teknis, seperti contohnya suara tidak sampai yang disebabkan karena pengeras suara rusak, kebisingan, dan lain sebagainya.

2.      Hambatan bahasa yakni pesan salah ditafsirkan (diartikan) sehingga tidak mencapai apa yang diinginkan. Apabila bahasa-bahasa yang digunakan tidak dipahami oleh komunikan yang mungkin akan diartikan berbeda.

3.      Hambatan bola salju yakni pesan yang menjadi membesar sampai jauh yaitu pesan yang ditanggapi sesuai dengan selera komunikan dan komunikator akibatnya pesan semakin jauh menyimpang dari pada pesan semula. Hal tersebut timbul karena:
a.       Kemampuan manusia menerima dan menghayati pesan yang terbatas.
b.      Pengaruh kepribadian dari orang yang bersangkutan.

Sebetulnya setiap macam dan bentuk komunikasi memiliki hambatan masing-masing. Beberapa hal yang dapat menghambat komunikasi antara lain yaitu:
1.      Sikap yang kurang tepat. Hal tersebut bisa jadi diakibatkan karena kurangnya bergaul atau bisa jadi karena terlalu egois.
2.      Pengetahuan yang kurang sehingga mengakibatkan tidak tahu apa yang harus dibicarakan ataupun yang sedang dibicarakan.
3.      Kurang memahami sistem sosial, sehingga menjadi kurang bisa menangkap pembicara, kurang memperhatikan adanya perbedaan teradisi, kebiasaan, bahasa, budaya setempat, dan lain sebagainya.
4.      Adanya rasa curiga, berprasangka, tidak percaya dan tidak mendasar.

Posting Komentar untuk "Proses Komunikasi dan Unsur-unsur Komunikasi"