Posisi Audit Pemasaran Dalam Audit Manajemen

Posisi Audit Pemasaran Dalam Audit Manajemen
Istilah audit manajemen (management audit) sebenamya dapat diartikan sebagai suatu audit tingkat perusahaan yang melibatkan pengukuran semua sumber daya internal yang dihadapkan pada lingkungan eksternal. Dalam praktiknya, cara terbaik untuk melaksanakan suatu audit manajemen (management audit) ialah dengan melaksanakan audit secara terpisah bagi setiap fungsi manajemen utama.

Oleh karenanya, audit pemasaran (marketing audit) hanyalah sebagian dari audit manajemen yang lebih luas, yang dilaksanakan dengan cara yang sama seperti cara yang dilaksanakan untuk mengaudit produksi. Tabel 10.1. dibawah merupakan suatu daftar tentang bidang-bidang yang diteliti sebagai bagian dari audit pemasaran.

Posisi Audit Pemasaran Dalam Audit Manajemen

Setiap dari pokok pikiran harus diuji dengan sebuah pandangan yang bertujuan untuk mengisolasi faktor-faktor yang dianggap sangat penting pada kinerja perusahaan. Tugas pertama auditor ialah meneliti sejumlah besar data dan informasi yang tersedia untuk diuji keterandalan dan relevansinya. Ada masanya beberapa data dan informasi yang ada harus direorganisasikan kedalam sebuah bentuk yang lebih mudah untuk digunakan. Pertimbangan juga diperlukan untuk memutuskan data dan informasi tambahan apa yang diperlukan untuk mendefinisikan permasalahan.

Proses auditing mempunyai dua tahap dasar, yaitu sebagai berikut:
1.      Identifikasi, pengukuran, pengumpulan, serta analisis semua pendapat dan fakta yang mempengaruhi permasalahan di perusahaan.
2.      Penggunaan sebuah penilaian (judgment) untuk hal-hal yang tetap tidak jelas sampai analisis awal selesai dilaksanakan.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 7.2.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel. Terima kasih.

Recommended

Apa Itu Kombinasi Harga (Price Mix)?

Kombinasi Harga (Price Mix) Setiap perusahaan harus bisa menetapkan price mix (kombinasi harga) dalam rangka untuk memajukan promosi pen...