Pemasaran Online, 7 Manfaat Pemasaran Online, dan 4 Saluran Pemasaran Online

Pemasaran Online, Manfaat Pemasaran Online, dan Saluran Pemasaran Online


A. Pemasaran Online

Pemasaran online adalah saluran yang dapat dijangkau oleh seseorang melalui perangkat (komputer, laptop, smartphon) berbasis internet secara online. Ada dua jenis saluran online:

1.      Saluran Online Komersial

Banyak perusahaan yang sudah mendirikan layanan informasi dan pelayanan online yang bisa diakses oleh mereka yang sudah mendaftar untuk memperoleh layanan tersebut dan membayar sejumlah iuran bulanan. Saluran online pada umumnya menyediakan bagi pelanggan lima layanan utama, yaitu informasi (berita, perpustakaan, pendidikan, olehraga, perjalanan, dan referensi), hiburan (permainan dan hiburan), layanan berbelanja, kesempatan dialog (forum, bulletin board, kotak bincang-bincang), dan email.

2.      Internet

Internet adalah jaringan global yang memungkinkan komunikasi global yang instan dan terdesentralisasi. Internet, yang pada awalnya dibentuk untuk menyokong riset dan pertukaran akademis, kini sudah tersedia bagi pemirsa yang jauh lebih luas. Pemakai internet dapat mengirim email, berkomunikasi, bertukar pikiran, berbelanja barang-barang, mengakses berita, resep makanan, informasi seni, informasi bisnis dan lain sebagainya.

B. Manfaat Pemasaran Online

Mengapa layanan online bisa menjadi begitu populer? Pertama, karena pemasaran online memberikan tiga manfaat utama bagi pembeli potensial:

1.      Kemudahan

Pelanggan dapat memesan produk selama 24 jam sehari dimanapun mereka berada. Mereka tidak perlu berkendara, mencari tempat parkir, dan berbelanja melewati etalase yang panjang untuk mencari dan memeriksa barang-barang yang ada. Mereka tidak harus pergi ke toko, hanya untuk menemukan bahwa barang yang dicari ternyata sudah habis.

2.      Informasi

Pelanggan dapat dengan mudah memperoleh setumpuk informasi komparatif mengenai perusahaan, produk, dan pesaing tanpa hrus meninggalkan kantor ataupun rumah mereka. Mereka dapat memusatkan perhatiannya pada kriteria objektif seperti kualitas, harga, kinerja, dan ketersediaan barang.

3.      Rongrongan yang Lebih Sedikit

Dengan adanya layanan online, pelanggan tidak perlu menghadapi ataupun melayani bujukan dan faktor-faktor emosional yang ada.

Kedua, pemasaran online juga dapat memberikan sejumlah manfaat bagi pemasar, yaitu sebagai berikut:

1.      Penyesuaian yang Cepat Terhadap Kondisi Pasar

Perusahaan dapat dengan mudah dan cepat menambahkan produk pada penawaran-penawaran mereka serta mengubah harga dan deskripsinya.

2.      Biaya yang Lebih Rendah

Pemasar online mencegah biaya sewa, biaya pengelolaan toko, asuransi dan prasarana yang ikut menyertainya. Mereka dapat membuat sebuah katalog digital dengan biaya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan percetakan dan pengiriman katalog dari kertas.

3.      Pemupukan Hubungan

Pemasar online dapat berbicara dengan konsumen dan belajar lebih banyak dari mereka. Pemasar dapat pula meng-upload laporan yang berguna, demo gratis produk mereka, ataupun contoh gratis surat berkala mereka ke dalam sistem. Lalu kemudian pelanggan dapat mendownload perangkat-perangkat tersebut ke dalam kotak email (surat elektronik) mereka.

4.      Pengukuran Besarnya Pemasar

Pemasar dapat dengan mudah mengetahui seberapa banyak orang yang mengunjungi situs online mereka serta berapa banyak yang singgah ditempat tertentu dalam situs online tersebut. Informasi tersebut dapat membantu pemasar meningkatkan penawaran serta iklan mereka.

Jadi jelaslah, pemasar akan berfikir untuk memakai layanan online dalam mencari, menjangkau, berkomunikasi, dan menjual produk. Pemasaran online mempunyai sedikitnya 4 manfaat besar. Pertama, yaitu baik perusahaan besar ataupun kecil dapat membiayainya. Kedua, ialah tidak ada keterbatasan riil tempat iklan, berbeda dengan media cetak atau siaran. Ketiga, yakni akses dan pengambilan informasi yang sangat cepat, dibandingkan dengan surat overnight dan bahkan fax. Dan keempat adalah belanja dapat dilakukan secara pribadi dan secara cepat.

Pemasaran Online, 7 Manfaat Pemasaran Online, dan 4 Saluran Pemasaran Online

C. Saluran Pemasaran Online

Pemasar dapat menjalankan pemasaran online dalam empat cara, yaitu dengan membuat etalase elektronik, berpartisipasi dalam forum, newsgroup, memasang iklan online, dan menggunakan email.

1.      Membuat Etalase Elektronik

Ribuan bisnis sudah membuat home page sebuah layar menu pembuka di internet. Ada banyak home page menjadi sebuah etalase elektronik yang menawarkan pada pengunjung atau pemakai beragam informasi, seperti:
a.       Gambaran perusahaan dan produknya, dalam bentuk gambar dan teks. Penjelajah hanya perlu mengklik teks atau icon tertentu untuk menampilkan suatu produk tertentu dengan lebih rinci.
b.      Katalog perusahaan yang menggambarkan keistimewaan, harga produk, dan ketersediaan.
c.       Berita perusahaan, termasuk didalamnya laporan hasil keuangan, produk terbaru dan up grade, peristiwa terbaru, tanggal seminar pelatihan, dan lain sebagainya.
d.      Informasi teknis dan brosur produk.
e.       Peluang untuk berbicara dengan pegawai.
f.       Kemampuan untuk mengajukan pesanan sebalum meninggalkan situs yang bersangkutan.
g.       Informasi tentang lowongan pekerjaan dan peluang di perusahaan.

Jika sebuah perusahaan memutuskan untuk membuka etalase elektronik, maka ia setidaknya mempunyai dua pilihan, yaitu pertama, perusahaan dapat membuka tokonya sendiri di internet. Dan yang kedua adalah perusahaan dapat membeli lokasi disebuah layanan online komersial.

Memiliki lokasi online merupakan sebuah “masalah”, dan membuat orang mengunjungi lokasi tersebut merupakan “masalah” yang lain. Perusahaan yang mempunyai home page  atau website berusaha menarik calon pembeli ke alamat mereka melalui majalah, iklan, email, dan news group. Banyak perusahaan yang menggunakan undian, permainan, kuesioner, dan peralatan lain yang mengharuskan pemakai memberikan nama serta alamat mereka untuk berpartisipasi. Kuncinya ialah menggunakan hiburan dan informasi untuk membujuk penjelajah agar mengunjungi homepage atau website perusahaan berulangkali. Hal tersebut berarti perusahaan harus terus menerus memperbaharui website mereka untuk membuatnya tetap segar dan menarik. Hal ini dapat menghabiskan waktu dan dana, tetapi akan lebih banyak yang dihabiskan apabila tidak memperbaharui informasi.

2.      Berpartisipasi dalam Forum, News Group, Dan Bulletin Boards

Perusahaan bisa berpartisipasi dalam banyak kelompok yang tidak diorganisasi secara khusus untuk tujuan komersial. Partisipasi tersebut bisa meningkatkan keterlihatan (visibility) dan kredibilitas perusahaan. Ada tiga kelompok dengan keterlihatan tertinggi, yaitu forum, news group, dan bulletin board:

a.       Forum
Forum merupakan kelompok diskusi yang berada dalam layanan online. Sebuah forum bisa mengoperasikan sebuah perpustakaan, ruang konferensi untuk berbincang-bincang secara real time, dan bisa juga buku petunjuk iklan yang terklasifikasi. Untuk berpartisipasi dalam forum, seseorang dapat berlangganan dengan atau tanpa biaya. Homepage website forum tersebut akan menampilkan icon untuk kilasan berita, perpustakaan, pesan serta ruang konferensi. Kebanyakan forum biasanya disponsori oleh kelompok umum ataupun kelompok khusus. Seperti halnya Yamaha dapat memulai forum mengenai musik klasik terutama karena perannya sebagai perusahaan manufaktur besar alat-alat musik.

b.      Newsgroups
Newsgroups ialah versi forum di internet, tetapi news groups terbatas pada orang yang menempatkan dan membaca pesan mengenai topik tertentu, daripada orang yang mengelola perpustakaan atau yang berkonferensi. Pengguna internet dapat berpartisipasi dalam newsgroups tanpa harus berlangganan.

c.       Bulletin boards system (BBS)
Bulletin boards system (BBS) merupakan layanan online yang terspesialisasi yang berpusat pada topik ataupun kelompok tertentu. Pelanggan BBS cenderung lebih setia dan aktif, dan enggan terhadap ikhtiar pemasaran yang cenderung terang-terangan. Terdapat lebih dari 60 ribu BBS di Amerika Serikat, yang menangani topik-topik seperti kesehatan, liburan, permainan komputer, real estate, dan lain sebagainya. Pemasar mungkin ingin mengidentifikasi beberapa BBS yang mempunyai tipe pelanggan yang sesuai dengan pasar sasaran mereka, dan kemudian mereka berpartisipasi dalam BBS tersebut secara halus.

3.      Memasang Iklan Online

Perusahaan perorangan bisa memasang iklan di layanan online komersial dengan tiga cara. Yaitu pertama, layanan online komersial besar akan menawarkan kolom iklan untuk pencantuman iklan berdasarkan golongan, iklan itu dicantumkan sesuai dengan saat mereka tiba, dengan iklan yang terbaru berada di atas daftar. Kedua, iklan bisa ditempatkan didalam newsgroups tertentu yang ditujukan untuk kepentingan komersial. Dan yang ketiga iklan dapat ditempatkan dipapan iklan online, mereka akan muncul saat pelanggan memakai layanan tersebut, walaupun mereka tidak meminta iklan. Dalam hal ini, iklan mungkin muncul pada saat pelanggan sedang melihat video dan tiba-tiba sebuah iklan muncul dengan kalimat kalimat tertentu.

4.      Menggunakan E-Mail

Perusahaan dapat membujuk calon pembeli dan pelanggan mereka untuk mengirimkan saran, pertanyaan, dan bahkan keluhan kepada perusahaan, dengan memakai alamat email perusahaan sebagai perantaranya. Staf pelayanan konsumen dapat memberikan sebuah tanggapan dengan cepat melaui email.

Perusahaan juga dapat mengumpulkan nama calon pembeli ataupun pelanggan dan mengirimkan informasi periodik maupun khusus ke alamat email mereka. Kelompok tersebut mungkin bisa jadi sebuah klub penggemar, sekumpulan orang yang ingin memperoleh berita berkala secara teratur ataupun laporan tahunan perusahaan, dan lain sebagainya. Perusahaan dapat memakai daftar nama tersebut misalnya untuk mengirimkan surat pemberitahuan pada pemilik mobil supaya membawa mobil mereka untuk diservis, atau bisa juga kepada pemilik kucing agar dapat membawa kucing mereka untuk penyuntikan obat rabies tahunan, atau bahkan kepada manajer untuk menghadiri seminar baru.
Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 4.2.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel. Terima kasih.

Recommended

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Adalah penting bagi setiap perusahaan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen. Dimana p...