Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memberikan Pelayanan Prima Kepada Pelanggan

Memberikan Pelayanan Prima Kepada Pelanggan

Menurut penelitian, kepuasan pelanggan bisa dianggap sebagai investasi bisnis. Pelanggan bagi perusahaan merupakan sebuah aset, oleh karena itu peningkatan kualitas pelayanan harus diupayakan secara terus-menerus untuk memenuhi kebutuhan serta harapan pelanggan.

Menurut William H. Davidow “apabila suatu produk atau jasa tertentu diciptakan tanpa memperhitungkan perencanaan pelayanan bagi pembeli, maka tugas usaha dalam menghasilkan produk atau jasa tersebut akan sia-sia”.

Perencanaan pelayanan yang baik memiliki tujuan untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan sehingga tidak akan terjadi masalah, konflik ataupun komplain. Berdasarkan hal itu maka pengertian pelayanan prima ( Excellent service ) ialah suatu pelayanan terbaik dalam memenuhi harapan serta kebutuhan pelanggan. Dalam artian bahwa pelayanan yang memenuhi standar kualitas. Apa itu pelayanan yang memenuhi strandar kualitas? Pelayanan yang memenuhi standar kualitas ialah suatu pelayanan yang sesuai dengan harapan dan kepuasan pelanggan atau masyarakat.

Penerapan pelayanan prima yang bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan pada dasarnya memiliki manfaat, yaitu sebagai berikut:
a.       Dapat mendorong bangkitnya rasa simpatik dan loyalitas dari para pelanggan.
b.      Dapat menciptakan komunikasi yang harmonis dan positif antara perusahaan bisnis dengan pelanggan.
c.       Dapat membentuk opini publik yang positif, sehingga dapat menguntungkan bagi kemajuan perusahaan.
d.      Dapat membina hubungan yang harmonis dan baik dengan para pelanggan.
e.       Dapat menimbulkan profitabilitas perusahaan, sehingga akan mendorong dihasilkannya produk baru yang berkualitas.

Pelayanan tidak bisa dipisahkan dengan kepuasan pelanggan, karena tujuan penerapan pelayanan prima adalah untuk memenuhi kepuasan pelanggan.

Posting Komentar untuk "Memberikan Pelayanan Prima Kepada Pelanggan"