BEKERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN

BEKERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN

Unsur utama untuk menjalin kerjasama dengan kolega dan pelanggan ialah melakukan sebuah komunikasi. Dengan melakukan sebuah komunikasi maka akan memungkinkan seseorang untuk melakukan mengkoordinasikan suatu kegiatan kepada orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Akan tetapi, komunikasi bukan hanya sekedar transfer makna, melainkan juga mengandung suatu proses transaksional, yaitu berhubungan erat dimana orang berkomunikasi dengan pihak lain dalam upaya untuk membentuk suatu makna dan mengembangkan harapan-harapannya. Berdasarkan uraian tersebut maka bisa dijelaskan setiap inti dari pernyataan diatas, yaitu sebagai berikut:

1.      Mempertukarkan symbol, dalam artian bahwa dalam suatu proses komunikasi akan terjadi sebuah pertukaran symbol antara komunikator dengan komunikan. Simbol tersebut mempunyai pengertian yang sama dan bisa disampaikan secara lisan ataupun tulisan.

2.      Membentuk makna tertentu, dalam artian bahwa komunikasi itu memiliki sifat transaksional, dimana orang akan saling belajar satu sama lain, saling tukar pengalaman ataupun pengetahuan melalui simbol-simbol yang sama-sama dimengerti dan membentuk sebuah makna tertentu yang dapat dipahami oleh kedua belah pihak. Semakin sering sesorang berkomunikasi maka akan semakin banyak mempunyai makna yang sama. Semakin banyak seseorang berkomunikasi dalam sebuah organisasi maka akan semakin besar pula kemungkinan ia untuk mengembangkan suatu kesepakatan (consensus) dan hingga dapat menciptakan opini dan persepsi.

3.      Mengembangkan harapan-harapan, yakni mempelajari simbol-simbol tersebut lalu kemudian menghubungkannya dengan pengalaman yang didapat serta mengamati dan menganalisis apa saja yang dilakukan oleh pihak lain ketika memakai simbol-simbol tersebut.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 10.2.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel. Terima kasih.

Recommended

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Adalah penting bagi setiap perusahaan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen. Dimana p...