8 ISI RENCANA PEMASARAN

8 ISI RENCANA PEMASARAN

Kita sudah melihat bahwa salah satu hasil utama dari proses pemasaran ialah rencana pemasaran. Lalu pertanyaannya bagaimana bentuk dari rencana pemasaran? Rencana pemasaran mempunyai beberapa bagian, daftar isi rencana pemasaran dan tujuannya tersebut yaitu sebagai berikut:

1.      Ringkasan Eksekutif

Ringkasan eksekutif menyajikan simpulan singkat tentang tujuan utama dan rekomendasi rencana untuk diulas oleh manajemen, dan membantu manajemen puncak untuk dapat mengetahui hal-hal yang paling penting dengan cepat. Daftar isi sebaiknya diletakkan sesudah ringkasan eksekutif.

2.      Situasi Pemasaran Saat Ini

Situasi pemasaran saat ini yaitu menggambarkan pasar yang dibidik dan posisi perusahaan didalamnya. Termasuk informasi mengenai kinerja produk, pasar, persaingan dan distribusi. Mencakup didalamnya:
a.       Deskripsi pasar yang mendefinisikan pasar serta segmen-segmen utama, dan tinjauan tentang kebutuhan pelanggan serta faktor-faktor dalam lingkungan pemasaran yang mungkin akan mempengaruhi pembelian pelanggan.
b.      Tinjauan produk yang menunjukkan penjualan, harga, serta laba kotor produk-produk utama dalam lini produk.
c.       Tinjauan tentang persaingan yang mengidentifikasikan pesaing utama serta menilai posisi mereka di pasar beserta strategi mereka yang mencakup kualitas produk, distribusi, harga, dan promosi.
d.      Tinjauan distribusi yang mengevaluasi trend penjualan saat ini serta perkembangan lain pada saluran distribusi utama.

8 Isi Rencana Pemasaran

3.      Analisis Ancaman dan Peluang

Yaitu menilai ancaman dan peluang utama yang mungkin saja akan dihadapi oleh produk, membantu manajemen untuk mengantisipasi perkembangan positif dan negatif yang penting yang bisa mempengaruhi perusahaan dan strateginya.

4.      Tujuan dan Isu-isu

Yaitu mengungkapkan tujuan pemasaran yang ingin dicapai oleh perusahaan selama masa-masa perencanaan serta mendiskusikan isu-isu utama yang mungkin akan mempengaruhi pencapaian perusahaan. Contohnya, apabila sasaran yang ingin dicapai ialah 15% pangsa pasar, bagian ini akan menjelaskan cara sasaran tersebut dicapai.

5.      Strategi Pemasaran

Yaitu merangkum pola pikir pemasaran secara umum yang ingin dipakai oleh unit bisnis untuk mencapai tujuan pemasaran serta secara lebih spesifik menyatakan pasar yang akan dibidik, penetapan posisi, beserta tingkatan pengeluaran pemasarannya. Bagian strategi pemasaran merangkum strategi-strategi secara spesifik untuk setiap elemen bauran pemasaran serta menjelaskan bagaimana masing-masing strategi tersebut merespon peluang, ancaman, dan isu-isu penting lainnya yang dilontarkan dalam bagian rencana sebelumnya.

6.      Program Tindakan

Menyajikan bagaimana strategi pemasaran akan diaplikasikan ke dalam program tindakan spesifik yang dapat menjawab pertanyaan berikut: Apa yang akan dilakukan? Siapa yang bertanggungjawab melaksanakannya? Kapankah hal tersebut akan dilaksanakan? Berapa biayanya?.

7.      Anggaran

Berisikan rincian anggaran kegiatan penunjang pemasaran yang pada hakikatnya merupakan sebuah proyeksi laporan rugi laba. Anggaran tersebut menunjukkan penerimaan yang diharapkan (perkiraan jumlah unit yang bisa terjual dengan harga bersih rata-rata) dan perkiraan biaya (produksi, distribusi, serta pemasaran). Perbedaan antara keduanya ialah proyeksi laba. Apabila disetujui oleh manajemen yang lebih tinggi, anggaran tersebut menjadi dasar dalam pembelian bahan baku, perencanaan produksi, perencanaan SDM, serta operasi pemasaran.

8.      Pengendalian

Merangkum pengendalian yang akan dipakai untuk memonitor kemajuan tindakan serta akan memungkinkan manajemen yang lebih tinggi untuk meninjau hasil dari implementasi dan menunjukkan produk-produk yang tidak dapat mencapai sasarannya.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 9.2.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel. Terima kasih.

Recommended

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Adalah penting bagi setiap perusahaan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen. Dimana p...