Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Promosi Penjualan, Tujuan, dan 4 Jenis Promosi Penjualan

Pengertian Promosi Penjualan, Tujuan, dan 4 Jenis promosi penjualan


Promosi penjualan ialah bentuk persuasi langsung melalui pemakaian berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian suatu produk dengan segera dan/atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli oleh pelanggan. Tujuan dari promosi penjualan sangat beraneka ragam. Melalui promosi penjualan yang dilakukan, perusahaan dapat menarik pelanggan baru, mendorong pelanggan membeli lebih banyak, mempengaruhi pelanggannya untuk mencoba produk baru, meningkatkan impulse buying (pembelian tanpa rencana sebelumnya), menyerang aktivitas promosi pesaing, atau mengupayakan sebuah kerja sama yang lebih erat dengan pengecer. Secara umum tujuan-tujuan tersebut bisa digeneralisasikan menjadi:

1.      Meningkatkan permintaan dari para pengguna industrial dan konsumen akhir.
2.      Meningkatkan kinerja pemasaran perantara.
3.      Mendukung serta mengkoordinasikan kegiatan personal selling dan iklan.

Sifat-sifat yang ada dalam promosi penjualan, diantaranya ialah insentif, komunikasi, dan undangan (invitation). Sifat komunikasi dapat diartikan bahwa promosi penjualan mampu menarik perhatian dan memberi informasi yang dapat memperkenalkan pelanggan dengan produk. Sifat insentif dapat diartikan memberikan keistimewaan dan rangsangan yang bernilai bagi para pelanggan. Sedangkan sifat undangan ialah mengundang khalayak untuk membeli saat itu juga.

Promosi penjualan yang dilakukan oleh penjual tersebut dapat dikelompokkan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai, pengelaompokan tersebut antara lain sebagai berikut:
1.      Customer promotion, ialah promosi penjualan yang bertujuan untuk merangsang atau mendorong pelanggan untuk membeli.
2.      Trade. promotion, ialah promosi penjualan yang bertujuan untuk mendorong atau merangsang pedagang grosir, pengecer, importir, dan eksportir untuk memperdagangkan barang atau jasa dari sponsor.
3.      Sales force promotion, ialah promosi penjualan yang bertujuan untuk memotivasi para armada penjual.
4.      Business promotion, ialah promosi penjualan yang bertujuan untuk mendapatkan pelanggan baru, memperkenalkan produk baru, mempertahankan kontak hubungan dengan pelanggan, menjual lebih banyak kepada pelanggan lama, dan mendidik para pelanggan.

Secara keseluruhan teknik-teknik promosi penjualan adalah taktik pemasaran yang berdampak dalam jangka sangat pendek. Malah terkadang penjualan hanya meningkat selama kegiatan promosi penjualan berlangsung saja. Promosi penjualan juga tidak cukup mampu untuk meruntuhkan loyalitas pelanggan terhadap produk lain, bahkan promosi penjualan yang terlalu sering malah bisa menurunkan citra kualitas barang atau jasa yang bersangkutan, karena pelanggan bisa menginterpretasikan bahwa barang atau jasa tersebut berkualitas rendah atau termasuk kedalam kategori murahan. Meskipun begitu dapat diakui bahwa promosi penjualan menghasilkan tanggapan yang lebih cepat dibandingkan dengan iklan.

1 komentar untuk "Pengertian Promosi Penjualan, Tujuan, dan 4 Jenis Promosi Penjualan"