Mengatasi Rasa Takut dan Kurang Percaya Diri Sales Executive

Mengatasi Rasa Takut dan Kurang Percaya Diri Sales Executive


Sales Executives sekelas apapun terkadang tidak dapat menghindari rasa takut ataupun khawatir mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan dari calon pembeli. Mereka khawatir dianggap menjual produk dengan cenderung memaksa, mengganggu ketenangan kerja dikantor ataupun waktu istirahat di rumah, dipermalukan dan lain sebagainya. Jika hal tersebut terjadi terus menerus dan tidak dapat diatasi maka dia akan berkembang menjadi kepribadian yang kurang percaya diri (inferiority complex).

Rasa khawatir akan mendapatkan sikap kurang menyenangkan dari calon pembeli bisa diatasi dengan dua macam cara, yaitu:
1.      Pertama, dan yang paling mudah ialah dengan jalan mengabaikannya, atau menyadari akan sikap kurang menyenangkan tersebut kemungkinan tercipta dari ketidakpandaian Sales Executives yang bersangkutan dalam membawa dirinya.
2.      Kedua, ialah dengan menanamkan keyakinan bahwa tugas kunjungan ke pada calon pembeli ialah tugas bisnis. Sales Executives merupakan jabatan yang terhormat dan mewakili perusahaan yang terhormat pula.

Pada hakikatnya pekerjaan menawakan produk kepada para pembeli potensial dan pelanggan merupakan kegiatan berkomunikasi. Dalam komunikasi bisnis tersebut seorang Sales Executives menyampaikan berbagai macam hal yang berkaitan dengan produk lama ataupun baru, sementara para pembeli potensial atau pelanggan akan memberikan tanggapan mereka. Oleh sebab itu setiap Sales Executives harus berusaha mempunyai ketrampilan berkomunikasi. Agar menjadi seorang komunikator yang mumpuni, mereka harus menguasai dua macam teknik berkomunikasi, yaitu skill of effective listening (ketrampilan mendengarkan secara efektif) dan skill of effective speaking (ketrampilan berbicara secara efektif).

Pendapat bahwa dalam setiap proses penjualan hendaknya seorang Sales Executives menguasai seluruh pembicaraan, sementara konsumen hanya mendengarkan penjelasan yang diberikan dan melihat demonstrasi penggunaan produk oleh Sales Executives sudah lama ditinggalkan. Dalam konsep penjualan produk dijaman modern, Sales Executives berkewajiban untuk memberikan kesempatan kepada calon pembeli untuk dapat mengajukan pertanyaan, mengeluarkan pendapatnya, dan memberikan komentar mengenai demonstrasi pemakaian produk dan mendengarkan tanggapan tersebut secara hati-hati.

Disamping kedua teknik berkomunikasi diatas dalam buku "Simple Ways To Manage Your Service Customers" yang diterbitkan oleh penerbit Think Inc. New Delhi, India, Promod Brata berpendapat bahwa masih ada dua teknik berkomunikasi lain yang harus dikuasai oleh setiap Sales Executives, yaitu ketrampilan menulis (laporan, surat, dst) secara efektif dan ketrampilan membaca secara efektif. Menurut Promod, mendengarkan secara efektif merupakan yang paling penting kedudukannya diantara keempat teknik berkomunikasi yang sudah disebutkan.

Menurut beliau (Promod), urutan peranan keempat teknik berkomunikasi tersebut diatas dalam sumbangannya terhadap keberhasilan berkomunikasi dengan pembeli potensial ialah sebagai berikut:
a.       Mendengarkan secara efektif 59%
b.      Berbicara secara efektif 26%
c.       Menulis secara efektif 9%
d.      Membaca secara efektif 6%

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 17.1.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

Apa Itu Kombinasi Harga (Price Mix)?

Kombinasi Harga (Price Mix) Setiap perusahaan harus bisa menetapkan price mix (kombinasi harga) dalam rangka untuk memajukan promosi pen...