Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Komunikasi Pemasaran dan Jenis-Jenis Komunikasi Pemasaran

Memahami Komunikasi Pemasaran dan Jenis-Jenis Komunikasi Pemasaran


Pemasaran modern membutuhkan lebih dari sekedar mengembangkan produk yang lebih baik, menawarkannya dengan harga yang lebih menarik, dan membuatnya mudah didapat oleh konsumen sasaran. Perusahaan juga harus berkomunikasi dengan para konsumen yang ada sekarang, konsumen potensial, pengecer, pemasok, pihak-pihak yang mempunyai kepentingan pada perusahaan, dan masyarakat secara umum. Setiap perusahaan tidak bisa menghindari peranannya sebagai promotor dan komunikator. Bagi sebagian besar perusahaan, pertanyaannya bukan apakah akan melakukan komunikasi tersebut atau tidak, akan tetapi lebih pada apa yang akan dikomunikasikan, kepada siapa dan seberapa sering dilakukan.

Bauran komunikasi pemasaran (juga disebut dengan bauran promosi atau promotion mix) terdiri atas lima (5) cara berkomunikasi utama, yaitu sebagai berikut:
1.      Periklanan, yaitu semua bentuk penyajian nonpersonal dan promosi ide, barang ataupun jasa yang dibayar oleh suatu sponsor tertentu.
2.      Promosi Penjualan, yaitu berbagai insentif jangka pendek yang bertujuan untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk ataupun jasa.
3.      Hubungan masyarakat dan publisitas, yaitu berbagai program untuk mempromosikan ataupun melindungi citra perusahaan maupun produk individualnya.
4.      Penjualan secara pribadi, yaitu interaksi langsung dengan seorang calon pembeli atau lebih untuk melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, serta menerima pesanan.
5.      Pemasaran langsung, yaitu penggunaan surat, telepon, e-mail, faksimili, dan alat penghubung non personal lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau memperoleh tanggapan langsung dari konsumen tertentu dan calon pelanggan.

Jenis jenis Komunikasi Pemasaran

Gambar diatas menunjukkan berbagai cara untuk berkomunikasi. Berkat terobosan teknologi, setiap orang dapat berkomunikasi melalui media tradisional (koran, radio, pers, televisi, telepon) dan juga bentuk media yang lebih baru (telepon genggam, komputer, mesin faks, dan pager). Perkembangan teknologi baru tersebut akan menurunkan biaya telekomunikasi sehingga akan semakin banyak perusahaan beralih dari komunikasi massal menuju komunikasi yang lebih terarah dan dialog satu-satu. Marshall McLuhan menyatakan bahwa "Media itulah pesannya", artinya adalah media komunikasi yang digunakan mempengaruhi isi pesan.

Akan tetapi, komunikasi perusahaan dapat pula dilakukan dengan cara selain yang telah dinyatakan dalam gambar diatas. Harga produk, warna dan bentuk kemasan, sikap serta cara berpakaian para wiraniaganya, lokasi usaha, dan kertas surat yang dipakai di perusahaan tersebut mengkomunikasikan sesuatu kepada para konsumen. Keseluruhan bauran pemasaran, bukan hanya bauran promosi, harus dirancang dengan baik untuk menyatakan dan menyiapkan penentuan posisi strategis yang diinginkan oleh perusahaan.

Posting Komentar untuk "Memahami Komunikasi Pemasaran dan Jenis-Jenis Komunikasi Pemasaran"