Pengertian Layout, Manfaat Layout, dan 2 Jenis Layout

Pengertian Layout, Manfaat Layout, dan 2 Jenis Layout


A. PENGERTIAN LAYOUT TOKO

Lay out atau tata letak berhubungan erat dengan alokasi ruang guna penempatan produk yang akan dijual. Lay out adalah pemetaan area yang dirancang sebagai tempat menjual suatu produk untuk membantu konsumen dalam berbelanja dan pencarian barang yang akan dibeli. Tujuan dari lay out sendiri ialah untuk mendekatkan produk kepada konsumen agar tersedia dalam tempat serta jumlah yang tepat, untuk kenyamanan dan kemudahan untuk memperoleh produk, serta untuk efisiensi dan efektifitas space yang ada, yaitu pengelompokan produk berdasarkan group dan sub group.


B. MANFAAT LAY OUT

Dengan lay out yang baik maka, penjual dan konsumen akan mendapatkan beberapa manfaat, yaitu sebagai berikut:
1.      Manfaat kegunaan tempat, kegunaan ini didapatkan konsumen karena dengan produk (lay out) diditempatkan pada tempat yang dapat didatangi oleh konsumen.
2.      Manfaat kegunaan informasi, dengan melakukan promosi dan penempatan produk yang baik maka konsumen dapat memperoleh informasi, membujuk konsumen agar membeli, dan mengingatkan konsumen agar tidak melupakan produk dan tempatnya (lay out).
3.      Manfaat kegunaan waktu, hal ini berkaitan dengan kenyataan bahwa konsumen dapat memperoleh produk pada saat yang diinginkan.

C. 2 JENIS LAY OUT

Secara umum lay out dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu sebagai berikut:

1.      Lay Out Pola Lurus (grid)

Pada pola grid ini, tata letak toko dibuat secara berlajur yang terdiri atas lorong-lorong untuk meletakkan barang atau produk yang berdasarkan group ataupun sub group. Pola ini banyak diterapkan pada minimarket, supermarket ataupun hypermarket. Dengan pola ini diharapkan barang atau produk bisa dipajang lebih banyak, tapi cukup untuk memberikan keleluasaan bagi konsumen yang hilir mudik. Yang harus diperhatikan pada pola ini ialah barang-barang mana saja yang harus ditampilkan dilorong utama. Pola lurus menguntungkan dalam hal kesan efisien, mempermudah konsumen untuk menghemat waktu belanja, lebih banyak menampung barang yang didisplay, dan control lebih mudah.

2.      Lay Out Pola Arus Bebas (free flow)

Pada pola free flow ini, barang diletakkan secara mengelompok dengan pola yang memudahkan konsumen untuk hilir mudik dan memberikan kebebasan kepada konsumen untuk melihat kelompok-kelompok barang atau produk. Hal yang diharapkan pada pola ini ialah pembelian secara spontan (impulse buying), dapat memberikan lebih banyak pilihan barang (produk) dari satu tempat ke tempat lain, dan dapat meberikan kesan yang bersahabat.

Pengertian Layout, Manfaat Layout, dan 2 Jenis Layout

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 31.12.16

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...