KOMUNIKASI VISUAL DALAM RETAILING

KOMUNIKASI VISUAL DALAM RETAILING

Komunikasi peritel (pelaku retailing) dengan pelanggannya tidaklah selalu dilakukan dengan media massa seperti dengan suara dan gambar seperti di televisi, dengan suara di radio, ataupun dengan tulisan dan gambar seperti dimajalah dan koran. Komunikasi bisa terjadi melalui gambaran visual, lay out ataupun display produk didalam toko. Yang dimaksud dengan komunikasi visual adalah komunikasi perusahaan ritel atau toko dengan konsumen atau pelanggannya melalui wujud fisik, seperti identitas toko, layout dan display maupun in store communication.

Dengan menerapkan komunikasi visual secara menyeluruh, maka akan meningkatkan maupun menambah citra toko yang lebih baik dibenak konsumen. Berikut ini ialah beberapa unsur dari citra toko, yakni:
1.      Merchandise atau produk, seperti harga, keragaman kategori, kualitas, ketersediaan item (warna, ukuran, jenis).
2.      Lokasi yang mudah dijangkau, aman, dan berada dalam suatu pusat pembelanjaan atau dekat dengan toko-toko ritel lainnya.
3.      Pelayanan, seperti pilihan cara bayar, delivery service, maupun catalog yang dikirimkan ke rumah.
4.      Mengutamakan pelayanan pada segmen tertentu yang sesuai dengan karakteristik demografi calon konsumen, seperti misalnya para remaja dan dewasa, para keluarga atau para ibu rumah tangga kalangan tertentu.
5.      Pramuniaga/staf/kasir, seperti misalnya perilaku dalam melayani (sopan, ramah, sigap), pengetahuan produk, dan jumlah tenaga yang memadai.
6.      Fasilitas, seperti food court, parkir, toilet.
7.      Citra kepribadian perusahaan atau toko, seperti lengkap/serba ada dan canggih.
8.      Promosi, seperti secara teratur melakukan promosi hadiah, memberikan diskon, even khusus, program kupon, program undian berhadiah.
9.      Store ambience/atmosfer, seperti dekorasi eksterior yang modern dan anggun, dekorasi interior yang menarik, sirkulasi dalam toko yang memudahkan bergerak, situasi yang membuat betah (tata warna, musik, pencahayaan), lay out atau penataan produk, display yang menarik.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 31.12.16

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...