6 TAHAPAN DALAM PERENCANAAN STRATEGI PRODUK

6 TAHAPAN DALAM PERENCANAAN STRATEGI PRODUK


Perencanaan strategi produk merupakan hal yang sangat penting guna menunjang keberhasilan produk nantinya. Berbeda dengan produk yang tidak dibuat dengan perencanaan strategi yang baik, produk yang memiliki perencanaan strategi yang baik cenderung memiliki tingkat kesuksesan yang tinggi dipasaran. Oleh karena itu perencanaan strategi produk haruslah dilakukan oleh perusahaan yang ingin mencapai kesuksesan. Lalu bagaimana tahapan-tahapan perencanaan starategi produk? Proses perencanaan strategi produk meliputi 6 tahap, yaitu sebagai berikut:

{|CATATAN| Perencanaan strategi produk tidak lepas dari proses pengembangan produk baru, oleh karena itu penting rasanya jika Anda juga membaca 5 artikel berikut ini: 1. Proses Pengembangan Produk Baru | 2. Proses Pencarian Ide Produk Baru | 3. Proses Penyaringan Ide Produk Baru | 4. Proses Pengujian Produk Baru | 5. Proses Komersialisasi Produk}

6 Tahapan Dalam Perencanaan Strategi Produk


1.      Analisis Situasi

Tahap analisis situasi ini dilakukan terhadap lingkungan internal ataupun lingkungan eksternal. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam analisis situasi ini antara lain adalah apakah perusahaan bisa dan mampu memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh lingkungan eksternalnya melalui sumber daya yang ada dan dimiliki oleh perusahaan atau tidak, lalu seberapa besar permintaan atas produk tertentu, dan seberapa besar kemampuan perusahaan dalam memenuhi permintaan atas produk tersebut. Dengan analisis situasi ini perusahaan nantinya dapat menentukan langkah-langkah berikutnya yang dapat diambil berdasarkan hasil analisis situasi yang sudah dilakukan.

2.      Penentuan Tujuan Produk

Sebelum menentukan strategi produk, harus terlebih dahulu ditentukan tujuan dari produk yang diproduksi. Tentunya selain untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, produk yang diproduksi oleh perusahaan juga dimaksudkan untuk memenuhi dan mencapai tujuan perusahaan. Oleh karena itu, perlu untuk dipertimbangkan apakah produk yang diproduksi dapat memberikan kontribusi untuk pencapaian tujuan perusahaan atau tidak.

3.      Penentuan Sasaran Pasar

Pada dasarnya tidak ada perusahaan yang mampu untuk memenuhi kebutuhan seluruh konsumen, hal ini disebabkan karena kebutuhan konsumen sangat tidak terbatas sedangkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan tersebut sangat terbatas. Oleh karena itu sangatlah bijak jika perusahaan segmentasi pasar atau menenukan sasaran pasar agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Tahap Penentuan sasaran pasar akan menjadikan perusahaan lebih fokus dan meningkatkan keberhasilan perusahaan serta kepuasan konsumen. Perusahaan dapat memilih alternatif sasaran pasar, seperti misalnya dalam produk standar, customized product, ataupun produk standar dengan modifikasi.

4.      Penentuan Anggaran

Tahap ke empat adalah penentuan anggaran. Penentuan angaran ini dimaksudkan agar perusahaan dapat memastikan berapa biaya yang dibutuhkan untuk melakukan starategi produk yang diinginkan. Dengan begitu perusahaan akan lebih siap dalam pemenuhan biaya yang dibutuhkan tersebut karena sudah diperkirakan sebelumnya. Atau jika perusahaan ternyata tidak dapat memenuhi biaya yang diramalkan, parusahaan dapat membatalkan strategi produk tersebut karena sebelumnya sudah mengetahui proyeksi angagaran yang dibutuhkan. Selain itu penentuan anggaran juga dapat bermanfaat sebagai alat perencanaan, koordinasi dan sekaligus sebagai pengendalian.

5.      Penetapan Strategi Produk

Dalam tahapan penetapan strategi produk, alternatif-alternatif strategi produk yang sudah ada akan dianalisis dan dinilai keunggulan serta kelemahannya, lalu setelah itu kemudian dipilih strategi produk yang paling bagus dan layak untuk kemudian diterapkan dalam strategi produk perusahaan. Mengingat pentingnya penetapan strategi produk ini karena menyangkut berhasil atau tidaknya suatu produk, maka perusahaan akan berusaha sebaik mungkin dalam menyeleksi alternatif strategi produk yang ada.

6.      Evaluasi Pelaksanaan Strategi

Langkah terakhir dari tahap perencanaan strategi roduk adalah evaluasi atau penilaian atas pelaksanaan rencana yang sudah disusun. Dalam proses ini, rencana-rencana strategi produk yang sudah ditetapkan sebelumnya akan dievaluasi dan ditilai sebelum akhirnya ditetapkan dan dijalankan sebagai strategi produk perusahaan. Proses evaluasi pelaksanaan strategi haruslah dilakukan dengan baik dan tepat, mengingat salah satu faktor keberhasilan perencanaan strategi produk salah satunya adalah dari pelaksanaan evaluasi startegi produk ini.
Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 1.12.16

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel. Terima kasih.

Recommended

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Adalah penting bagi setiap perusahaan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen. Dimana p...