Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro

Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro

Terdapat dua cabang Ilmu Ekonomi, yaitu ilmu ekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro. Kedua cabang ekonomi ini meskipun sama-sama membahas mengenai ekonomi tetapi tetap memiliki beberapa perbedaan. Apa saja perbedaan tersebut?

Baca juga artikel terkait: Pembagian Ilmu Ekonomi


1)    Ekonomi Mikro Membahas Unit-Unit Individu

Perbedaan pertama adalah ekonomi mikro lebih cenderung membahas mengenai unit-unit individu seperti rumah tangga dan perusahaan. Contohnya seperti bagaimana suatu rumah tangga mengatur pendapatannya untuk membeli berbagai macam kebutuhan barang dan jasa, bagaimana cara perusahaan dalam menenentukan tingkat produksi agar dapat memperoleh laba yang maksimal, apa saja jenis stuktur pasar yang dimasuki perusahaan, berapa biaya perusahaan untuk memproduksi produk tertentu, dan industri (kumpulan dari perusahaan-perusahaan).


2)    Ekonomi Makro Membahas Keseluruhan Perekonomian

Berbeda halnya dengan ekonomi mikro, ekonomi makro lebih membahas mengenai perekonomian sebagai suatu keseluruhan dan cenderung tidak mempedulikan unit-unit individu ataupun masalah-masalah yang dihadapinya. Ekonomi makro lebih memusatkan perhatiannya kepada perekonomian secara agregat (keseluruhan). Ekonomi makro membahas produksi secara keseluruhan (total output) serta tingkat harga umum, bukannya tingkat produksi persatuan perusahaan atau harga suatu unit produk. Dengan demikian, ekonomi makro berbicara mengenai tingkah laku perekonomian secara agregat (keseluruhan).


3)    Dalam Ekonomi Mikro, Produksi Total dan Tingkat Harga Umum Adalah Tetap

Dilihat dalam metode analisis, ekonomi mikro pada umumnya berasumsi bahwa produksi total dan tingkat harga umum dalam perekonomian adalah sesuatu yang tetap. Dengan asumsi tersebut kemudian dicoba untuk menjelaskan bagaimana harga barang dan harga produksi dari masing-masing perusahaan dapat terjadi.


5 Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro


4)    Dalam Ekonomi Makro, Produksi, Distribusi, dan Harga Barang Relatif Tetap

Sementara itu dalam ilmu ekonomi makro dikatakan bahwa produksi, distribusi barang, dan harga barang relatif tetap, lalu kemudian dalam ekonomi makro akan dibahas mengenai produksi total dan tingkat harga umum dan menjelaskan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.


5)    Ekonomi Mikro Bermanfaat dalam Pengambilan Keputusan dalam Lingkup Perusahaan dsb

Bila kita lihat lebih jauh, sebenarnya ekonomi mikro mempunyai pusat perhatian pada sektor perusahaan, yakni tentang bagaimana cara suatu perusahaan mendapatkan laba dalam produksi barang dan jasa. Sementara segi kegunaanya, ekonomi mikro bermanfaat untuk mempermudah dalam memilih fakta-fakta penting yang relevan atas persoalan ekonomi tertentu, dan juga bermanfaat sebagai dasar untuk melakukan peramalan yang sangat berguna bagi pada menajer dalam mengambil keputusan.


6)    Ekonomi Makro Bermanfaat dalam Pengambilan Keputusan  dalam Lingkup Pemerintahan

Sementara jika kita melihat lebih jauh mengenai ekonomi makro, ekonomi makro cenderung fokus pada isu-isu penting yang selalu dihadapi oleh suatu perekonomian, analisis ekonomi makro berusaha untuk memberi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti faktor apa yang menentukan tingkat perekonomian sebuah negara, mengapa pertumbuhan ekonomi suatu negara selalu tidak konsisten, serta mengapa kenaikan harga dan pengangguran selalu terjadi.

Ekonomi makro tidak hanya menerangkan tentang faktor-faktor yang menentukan tingkat kegiatan ekonomi sebuah negara serta keadaan-keadaan tertentu yang dapat menimbulkan berbagai masalah, namun juga menerangkan langkah-langkah yang bisa diambil oleh pemerintah untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Oleh karena itu, cukup jelaslah perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro.


Posting Komentar untuk "5+ Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro"