Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen, Pemarintah dan Masyarakat Luar Negeri

Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen, Pemarintah dan Masyarakat Luar Negeri


Dalam kegiatan ekonomi, ada yang disebut sebagai pelaku ekonomi. Pelaku kegiatan ekonomi ini adalah subjek perorangan ataupun kelompok (organisasi), yang melakukan kegiatan ekonomi. baik itu konsumsi, produksi, dan distribusi. Pelaku Kegiatan Ekonomi terdiri dari atas 4 kelompok, yakni rumah tangga konsumsen, rumah tangga produsen, rumah tangga pemerintah dan masyarakat luar negeri. Ke empat kelompok tersebut, memiliki berbagai macam peran yang sangat penting dalam kegiatan ekonomi, yaitu sebagai berikut.

1.      Peran Rumah Tangga Konsumen

Rumah tangga konsumsi ialah sekelompok masyarakat (kelompok atau individu) yang melakukan kegiatan konsumsi barang maupun jasa yang dihasilkan produsen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

{|CATATAN| Kami merekomendasikan 3 artikel berikut agar pemahaman Anda lebh dalam: 1. Jenis-Jenis Konsumen | 2. Kepuasan Konsumen | 3. Mengukur Kepuasan Konsumen}

Rumah tangga konsumsen dalam kegiatan ekonomi, mempunyai peran yang sangat penting, antara lain adalah:
a.       Rumah tangga konsumen memiliki peran sebagai pemasok faktor produksi ke pada perusahaan untuk diolah dalam kegiatan produksi.
b.      Rumah tangga konsumen memiliki peran sebagai pemakai barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

2.      Peran Rumah Tangga Produsen

Rumah tangga produsen adalah sebuah organisasi yang dikembangkan oleh seseorang ataupun sekelompok orang yang bertujuan menghasilkan berbagai macam barang maupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Atau dengan kata lain produsen ialah organisasi ekonomi yang didirikan dengan untuk tujuan memproduksi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Rumah tangga produsen mempunyai peran yang sebagai berikut.
a.       Sebagai penjual hasil produksi kepada konsumen,  pemerintah, dan masyarakat luar negeri.
b.      Membayar kompensasi (balas jasa) atas pemanfaatan faktor-faktor produksi, yaitu berupa sewa, gaji, bunga, serta laba atau keuntungan.
c.       Memproduksi barang maupun jasa yang didapat dari faktor produksi.
d.      Mempunyai kewajiban membayar pajak kepada pemerintah.
e.       Sebagai penggerak ekonomi serta agen pembangunan.

3.      Peran Rumah Tangga Pemarintah

Pemerintah adalah pihak yang mempunyai peran penting dalam sebuah perekonomian, pemerintah bertugas untuk mengatur, serta mengendalikan perekonomian negara agar masyarakat dapat mencapai kemakmuran.

Pemerintah sebagai penguasa tertinggi dalam suatu negara mempunyai peran dalam kegiatan ekonomi, anara lain sebagai berikut:
a.       Membelanjakan pendapatan negara untuk segala macam keperluan kebutuhan pemerintah. Melakukan pengeluaran dengan membeli barang ataupun jasa yang bertujuan untuk meningkatkan fasilitas dan kepentingan umum.
b.      Menyiapkan barang serta jasa yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat luas dengan melakukan kegiatan produksi barang dan jasa melalui BUMN (Badan Usaha Milik Negara).
c.       Menciptakan iklim sehat dan kondusif bagi dunia usaha dengan melakukan bimbingan, pengaturan, pengarahan dan pengawasan dengan membuat peraturan atau perundang-undangan bersama dengan DPR yang berkaitan dengan perekonomian nasional.
d.      Menjaga stabilitas ekonomi dengan membuat dan menerapkan kebijakan-kebijakan ekonomi.

4.      Peran Masyarakat Luar Negeri

Masyarakat luar negeri merupakan masyarakat yang tinggal diluar wilayah kedaulatan negara. Masyarakat luar negeri ini juga mempunyai peran dalam kegiatan ekonomi dalam negeri, yaitu sebagai berikut:

a.       Sebagai Konsumen

Masyarakat luar negeri merupakan konsumen produk-produk yang dihasilkan di dalam negeri. Hal ini dilakukan dengan cara melaksanakan ekspor produk-produk yang telah dihasilkan di dalam negeri tersebut, dengan demikian keuntungan yang didapatkan perusahaan akan meningkat.

b.      Sebagai Produsen

Perlu kita ketahui bahwa tidak semua barang bisa diproduksi di dalam negeri, bisa jadi karena itu keterbatasan daru sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Oleh sebab itu barang-barang tersebut harus diimpor dari negara lain (masyarakat luar negeri).

c.       Sebagai Investor

Dalam perkembangannya, sebuah pembangunan dalam suatu negara membutuhkan investasi yang sangat besar. Untuk memenuhi kebutuhan investasi yang besar tersebut, maka negara akan mengundang investor-investor asing (masyarakat luar negeri) untuk menanamkan modalnya di dalam negeri.

d.      Sebagai Ahli

Tidak semua negara mempunyai tenaga kerja ahli dalam semua bidang. Oleh karena itu untuk mencukupi kebutuhan akan tenaga ahli maka negara mendatangkan dan memperkerjakan tenaga ahli dari luar negeri untuk membantu dalam kegiatan ekonomi di dalam negeri.
Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 4.11.16

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

Apa Itu Kombinasi Harga (Price Mix)?

Kombinasi Harga (Price Mix) Setiap perusahaan harus bisa menetapkan price mix (kombinasi harga) dalam rangka untuk memajukan promosi pen...