Pengertian Target Pasar (Targeting), Manfaat, dan Contohnya

TARGET PASAR (TARGETING)

Setelah menentukan segmentasi pasar, langkah selanjutnya dalam proses pemasaran ialah menentukan target pasar. Target pasar adalah sekelompok pembeli yang memiliki sifat-sifat sama yang membuat pasar berdiri sendiri. Banyak pihak yang masih bingung dengan istilah segmentasi pasar dan penentuan target pasar, karena sepintas memang keduanya sama tetapi perbedaan yang mendasar ialah bahwa segmentasi pasar lebih kepada membagi konsumen yang heterogen (bermacam-macam) ke dalam kelompok-kelompok yang memiliki karakteristik yang sama. Sementara target pasar yaitu memilih kelompok konsumen mana yang akan dilayani.

{|CATATAN| Sangat penting untuk Anda membaca 5 artkel yang berkaitan dengan terget pasar (tergeting) berikut ini: 1. Segmentasi Pasar | 2. Langkah-Langkah Segmentasi Pasar | 3. 5 Ancaman Persaingan dalam Segmen Pasar | 4. Diferensiasi Produk | 5. Posisi Pasar (Positioning)}

Dalam menentukan target pasar, perusahaan harus menilai dengan hati-hati berbagai macam segmen untuk nantinya ditentukan berapa ukuran segmen serta segmen mana yang akan dimasuki oleh perusahaan. Pemilihan segmen yang terlalu sempit bisa berakibat pada kegagalan dalam mencapai volum penjualan serta laba yang diinginkan. Namun disisi lain apabila segmen terlalu luas, akan berakibat pada biaya yang akan melebihi kenaikan penjualan serta laba.


MANFAAT TARGET PASAR

Dengan menerapkan target pasar, perusahaan dapat mengembangkan posisi produk dan strategi marketing mix untuk setiap target pasar yang bersangkutan. Target pasar sangat bermanfaat terutama dalam:
1.      Mengembangkan posisi produk dan strategi marketing mix (bauran pemasaran).
2.      Memudahkan dalam menyesuaikan produk dan strategi marketing mix (bauran pemasaran) yang dijalankan dengan target pasar.
3.      Membidik peluang pasar yang lebih luas.
4.      Memanfaatkan sumber daya perusahaan yang terbatas secara efisien dan efektif.
5.      Mengantisipasi adanya persaingan.
6.      Dengan melakukan identifikasi bagian pasar yang bisa dilayani secara efektif, perusahaan akan berada dalam posisi yang lebih baik.


FAKTOR YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MENENTUKAN TERGET PASAR

Dalam menentukan terget pasar terdapat tiga faktor yang harus diperhatikan sebelum menentukan segmen mana yang akan dituju. Faktor tersebut antara lain sebagai berikut:

1.      Ukuran Segmen

Perkiraan ukuran segmen yang akan dituju adalah faktor penting dalam memutuskan apakah segmen pasar tersebut cukup bagus untuk ditindak lanjuti. Pada umumnya perusahaan besar akan lebih memilih segmen yang memiliki volume penjualan besar serta menghindari segmen yang bervolume penjualan kecil. Sementara perusahaan kecil cenderung akan menghindari segmen yang besar karena perusahaan kecil membutuhkan sumber daya yang terlalu banyak.

2.      Pertumbuhan Segmen

Faktor pertumbuhan segmen juga merupakan salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan target pasar. Walaupun mungkin ukuran segmen saat ini relatif kecil, tetapi tidak menutup kemungkinan akan berkembang dimasa yang akan datang. Karena pada dasarnya segmen kecil merupakan segmen pasar yang potensial. Seperti misalnya dahulu tingkat usia 50 tahun ke atas tidak menjadi perhatian bagi perusahaan. Tetapi saat ini banyak produk serta jasa yang ditawarkan untuk segmen ini.

3.      Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Mencapai Segmen

Suatu segmen harus disesuaikan dengan kegiatan pemasaran perusahaan, jika segmen yang dipilih ternyata tidak cocok maka sebaiknya tidak perlu untuk dilakukan. Oleh karena itu identifikasi mengenai segmen yang akan dituju harus dilakukan dengan jeli. Banyak contoh segmen yang sempat diperkirakan mempunyai potensi besar namun ternyata tidak seperti yang diinginkan, sementara perusahaan sudah mengeluarkan biaya yang tinggi.


CONTOH TERGET PASAR (TARGETING)


Berikut penjelasan dan contoh target pasar (targeting), simak video berikut ini:

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 19.11.16

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel. Terima kasih.

Recommended

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Adalah penting bagi setiap perusahaan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen. Dimana p...