Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Dimensi Kualitas Produk Menurut Garvin dan Tjiptono

DIMENSI KUALITAS PRODUK

Kualitas produk adalah karakteristik dari produk dalam kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang telah ditentukan dan mempunyai sifat laten. Menurut Tjiptono (2008), kualitas adalah perpaduan antara sifat dan karakteristik yang dapat menentukan sejauh mana output (keluaran) dapat memenuhi prasyarat kebutuhan konsumen atau menilai sampai sejauh mana sifat dan karakteristik tersebut memenuhi kebutuhan konsumen. Kualitas sebuah produk baik itu berupa barang maupun jasa ditentukan melalui dimensi-dimensinya. Dimensi tersebut dinamakan dengan dimensi kualitas produk.

{|CATATAN| Ada baiknya Anda juga membaca 4 artikel berikut agar pemahaman Anda lebih dalam: 1. Pengertian Produk, Konsep, Level, dan Tingkatan Produk | 2. Klasifikasi Produk dan Klasifikasi Barang Konsumen | 3. Klasifikasi Barang Industri dan Contohnya | 4. Klasifikasi Produk Retail | 5. Pengertian Atribut Produk, Unsur-Unsur, dan Contohnya}

8 Dimensi Kualitas Produk Menurut David Garvin

Menurut David Garvin, untuk menentukan dimensi kualitas produk, dapat dilakukan melalui 8 dimensi. Ke 8 Dimensi tersebut antara lain sebagai berikut:

1.      Performance

Performance berhubungan dengan aspek fungsional suatu produk dan merupakan sebuah karakteristik utama yang dipertimbangkan konsumen ketika sedang dalam membeli produk tersebut.

2.      Features

Features adalah aspek performansi yang bermanfaat untuk menambah fungsi dasar, yang berhubungan dengan pilihan-pilihan produk serta pengembangan produk tersebut.

3.      Reliability

Reliability merupakan hal yang berhubungan dengan probabilitas atau kemungkinan suatu produk berhasil menjalankan fungsinya setiap kali dipakai atau digunakan dalam periode waktu dan kondisi tertentu.

4.      Conformance

Conformance berhubungan dengan tingkat kesesuaian dalam hal spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya berdasarkan keinginan konsumen. Conformance merefleksikan derajat ketepatan diantara karakteristik desain produk dengan karakteristik kualitas standar yang sudah ditetapkan sebelumnya.

5.      Durability

Durability adalah suatu refleksi atas umur ekonomis berupa ukuran daya tahan atau masa pakai suatu produk (barang).

6.      Serviceability

Servicebility adalah karakteristik yang berhubungan dengan kompetensi, kecepatan, akurasi, dan kemudahan dalam memberikan layanan untuk perbaikan suatu produk (barang).

7.      Aesthetics

Aesthetics adalah suatu karakteristik yang bersifat subyektif tentang nilai-nilai estitika yang berhubungan dengan pertimbangan pribadi serta refleksi dari preferensi seorang individual.

8.      Fit and Finish

Fit and finish bersifat subyektif, berhubungan dengan perasaan konsumen tentang keberadaan sebuah produk sebagai produk yang berkualitas.

8 Dimensi Kualitas Produk Menurut Garvin dan Tjiptono

8 Dimensi Kualitas Produk Menurut Tjiptono

Sementara menurut Tjiptono (2008), dimensi kualitas produk adalah sebagai berikut:

1.      Performance (Kinerja)

Performance berkaitan dengan karakteristik operasi dasar dari seuatu produk.

2.      Durability (Daya Tahan)

Berkaitan dengan berapa lama atau umur sebuah produk yang bersangkutan dapat bertahan sebelum akhirnya produk tersebut harus diganti. Umumnya semakin besar frekuensi pemakaian konsumen atas suatu produk maka akan semakin besar pula daya produk tersebut.

3.      Conformance To Specifications (Kesesuaian dengan Spesifikasi)

Maksudnya adalah sejauh mana karakteristik operasi dasar dari seuatu produk dapat memenuhi spesifikasi tertentu dari konsumen atau dengan kata lain tidak ditemukan cacat pada produk tersebut.

4.      Features (Fitur)

Features, merupakan karakteristik sebuah produk yang dirancang untuk menyempurnakan fungsi produk dan/atau menambah ketertarikan konsumen atas produk tersebut.

5.      Reliability (Reliabilitas)

Yaitu probabilitas bahwa produk yang bersangkutan akan bekerja dengan baik dan memuaskan ataupun tidak dalam periode waktu tertentu. Pada umumnya semakin kecil kemungkinan terjadinya kerusakan pada sebuah produk maka itu berarti produk tersebut dapat diandalkan.

6.      Aesthetics (Estetika)

Estetika berkaitan dengan bagaimana tampilan produk yang bersangkutan.

7.      Perceived Quality (Kesan Kualitas)

Perceived Quality sering disebut sebagai hasil dari pemakaian pengukuran yang dilakukan secara tidak langsung karena ada kemungkinan bahwa konsumen tidak mengerti atau kurang informasi terhadap produk yang bersangkutan.

8.      Serviceability

Serviceability mencakup kemudahan dan kecepatan untuk direparasi, serta kompetensi dan keramahtamahan staf layanan.

Posting Komentar untuk "8 Dimensi Kualitas Produk Menurut Garvin dan Tjiptono"