9 FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOMPENSASI

9 FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOMPENSASI

Istilah adil berarti bukan saja adil bagi masing-masing karyawan terhadap karyawan yang lainnya, yang berhubungan dengan sulitnya pekerjaan dan beratnya tanggung jawab, tetapi juga adil bagi perusahaan yang bersangkutan. Untuk tercapainya keadilan tersebut, maka ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan dalam menetapkan tingkat upah seorang karyawan, yaitu pendidikan, tanggungan, pengalaman, kemempuan perusahaan, kondisi-kondisi pekerjaa, dan keadaan ekonomi.

{|CATATAN| Agar pemahaman Anda lebih dalam mengenai Kompensasi, ada baiknya Anda membeca kedua artikel berikut: 1. Pengertian Kompensasi, Tujuan dan Jenis Kompensasi | 2. Langkah-Langkah Penentuan Kompensasi}

1.      Penawaran dan Permintaan

Kompensasi akan dipengaruhi oleh penawaran dan permintaan karyawan dibursa kerja. Ketika pencari kerja (penawaran) jumlahnya lebih banyak daripada lowongan pekerja (permintaan) yang ada maka kompensasi akan relatif kecil. Namun sebaliknya jika pencari kerja (penawaran) lebih sedikit dibandingkan dengan lowongan pekerjaan (permintaan) maka kompensasi relatif akan semakin besar.

2.      Pendidikan, Tanggungan, dan Pengalaman

Ketiga faktor tersebut harus mendapat perhatian. Bagaimanapun juga tingkat upah seorang sarjana dari yang belum sarjana harus dibedakan, demikian juga antara yang berpengalaman dengan yang belum berpengalaman. Khalayak umum sudah menganggap suatu keadilan bahwa karyawan yang memiliki tanggungan keluarga besar memiliki upah yang lebih besar dari karyawan sekerjanya yang memiliki tanggungan keluarga yang kecil.

9 Faktor yang Mempengaruhi Kompensasi

3.      Kemampuan Perusahaan

Faktor ini dalam merealisasikan keadilan dalam pembayaran upah belum berada dalam proporsi yang tepat. Jika perusahaan mengalami keuntungan, para karyawan perusahaan harus turut menikmati keuntungan tersebut melalui kenaikan tingkat upah atau pembagian keuntungan dan sebaliknya.

4.      Serikat buruh / organisasi karyawan

Besar kecilnya tingkat kompensasi karyawan akan dipengaruhi juga oleh serikat buruh atau organisasi karyawan. Apabila serikat buruh memiliki pengaruh yang besar terhadap jalannya usaha perusahaan maka maka tingkat kompensasi yang diberikan akan semakin besar. Tetapi sebaliknya apabila serikat buruh kurang berpengaruh maka tingkat kompensasi akan relatif kecil.

5.      Pemerintah dan Undang-undang dan Keppres

Pemerintah dengan menggunakan undang-undang dan keppres menetapkan besarnya batas upah minimum untuk menjaga kesejahteraan para pekerja.. Peraturan ini sangat penting agar para pengusaha tidak berlaku sewenang-wenang dalam menetapkan besarnya upah bagi karyawan. Pemerintah sangat berkewajiban untuk melindungi masyarakat dari tindakan sewenang-wenang.

6.      Keadaan Ekonomi / Biaya Hidup

Keadaan ekonomi atau ongkos hidup adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam realisasi keadilan dalam pemberian upah. Dimana pemberian upah haruslah berdasar atas keadaan ekonomi saat ini.

7.      Produktivitas Kerja Karyawan

Produktivitas kerja karyawan cenderung akan mempengaruhi tingkat kompensasi yang diberikan. Dimana bila produktivitas kerja karyawan dianggap baik dan memuaskan, perusahaan tidak akan segan-segan untuk memberikan kompensasi yang lebih besar dari sebelumnya.

8.      Posisi Jabatan Karyawan

Perusahaan akan menyesuaikan kompensasi karyawan sesuai dengan jabatan yang diembannya. Karyawan yang menempati jabatan yang lebih tinggi tentu saja akan menerima kompensasi lebih besar jika dibandingkan dengan karyawan yang menempati jabatan yang lebih rendah. Hal ini sangatlah wajar mengingat seseorang karyawan yang mendapat kewenangan dan tanggung jawab yang besar harus mendapatkan kompensasi yang lebih besar juga.

9.      Kondisi-Kondisi Pekerjaan

Orang yang bekerja di daerah terpencil atau dilingkungan perkerjaan yang berbahaya harus mendapatkan upah yang lebih besar daripada mereka yang bekerja di daerah yang relatif lebih aman dan tidak berbahaya.
Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 15.10.16

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel. Terima kasih.

Recommended

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Adalah penting bagi setiap perusahaan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen. Dimana p...