Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Upaya Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja

Upaya Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja

Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja – Kita tahu bahwa salah satu penyebab tingginya angka Pengangguran adalah kualitas tenaga kerja yang rendah, oleh karena itu peningkatan kualitas tenaga kerja menjadi sesuatu yang mutlak dilakukan. Kualitas tenaga kerja yang baik akan berdampak pada peningkatan produktivitas, peningkatan kesempatan kerja dan menurunkan angka pengangguran. Jika pengangguran berkurang maka pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum.

Upaya peningkatan kualitas Tenaga Kerja tidak hanya menjadi kewajiban pihak pemerintah, melainkan juga pihak swasta dan individu itu sendiri wajib ikut serta untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja. Berikut beberapa upaya peningkatan kualitas tenaga kerja yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pengangguran:


1)    Upaya Pemerintah dalam Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja

Pemerintah sebagai penanggung jawab tertinggi atas kesejahteraan rakyatnya dapat melakukan upaya-upaya berikut ini untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja dan mengatasi masalah pengangguran.

a)    Meningkatkan kualitas pendidikan baik itu formal maupun non formal.

b)    Menyusun kurikulum pendidikan yang dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan sesuai dengan syarat dan kebutuhan dunia kerja.

c)    Meingkatkan kualitas guru melalui pelatihan dan sebagainya.

d)    Pendirian lembaga pelatihan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat seperti Balai Latihan Kerja (BLK) atau lembaga-lembaga yang berdiri dilingkungan masyarakat seperti PKK dan Karang Taruna.

e)    Menyusun dan melaksanakan program-program yang sekiranya dapat mendukung tercapainya sistem ketenagakerjaan yang ideal.

f)     Meningkatkan kualitas serta produktivitas tenaga kerja dengan mengadakan pelatihan-pelatihan yang tidak memungut biaya sehingga tidak memberatkan pesertanya.


2)    Upaya Swasta dalam Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja

Pihak swasta merupakan pihak yang banyak memakai jasa tenaga kerja dan keduanya memberi pengaruh satu sama lain. Pihak tenaga kerja membutuhkan pihak swasta dalam hal ini perusahaan untuk dapat memperoleh upah yang akan digunakan untuk kesejahteraan hidupnya. Sedangkan pihak swasta membutuhkan tenaga kerja agar usaha yang sedang dijalankannya terus berjalan.

Namun beda cerita jika tenaga kerja yang dipekerjakan memiliki kualitas yang rendah, hal ini justru akan merugiakan pihak swasta dan pada akhirnya pihak swasta akan memutus hubungan kerja dengan karyawan tersebut sehingga menimbulkan masalah pengangguran. Oleh karena itu perlu adanya upaya dari pihak swasta untuk dapat meningkatkan kualitas tenaga kerja. Pihak swasta (perusahaan) dapat berperan dalam upaya peningkatan kualitas tenaga kerja antara lain dengan:


a)    Melakukan Kerja Sama dengan Lembaga Pendidikan

Melakukan kerja sama dengan lembaga pendidikan dalam rangka memberikan kesempatan magang kepada peserta didik. Hal ini dilakukan agar peserta didik mempunyai pengetahuan tentang dunia usaha dan industri.


b)    Memberikan Palatihan

Selain itu perusahaan juga dapat memberikan pelatihan yang dapat digunakan didunia kerja, sehingga dapat meningkatkan kemampuan dan produktifitas para tenaga kerja. Hal ini tentunya juga akan berdampak pada baik perusahaan sendiri.


c)    Menghapus Aturan yang Menghambat Peningkatan Kualitas

Terkadang perusahaan tanpa disadari telah membuat aturan-aturan yang menghambat peningkatan kualitas tenaga kerja itu sendiri, dengan kata lain sistem yang dibuat oleh perusahaan tidak memberi kesempatan untuk para pekerja meningkatkan kualitas dirinya. Peraturan-peraturan inilah yang harus dihapus oleh perusahaan guna peningkatan kualitas tenaga kerja.

Perusahaan dan tenaga kerja merupakan hubungan yang saling mempengaruhi secara positif. Sebuah perusahaan tidak akan maju tanpa pekerja, dan pekerja tidak akan bisa memenuhi kebutuhan didupnya tanpa adanya perusahaan sebagai lahan pekerjaan. Oleh karenanya perusahaan dan pekerja harus saling bekerja sama untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.


Upaya Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja


3)    Upaya Individu dalam Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja

Setiap individu merupakan pemegang kendali penuh atas dirinya sendiri. Tidak mungkin seseorang menjadi lebih baik tanpa usaha dirinya sendiri. Hal ini juga berlaku bagi seorang pekerja, tidak mungkin dia akan mendapatkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhannya jika dia tidak meningkatkan kualitas dirinya. Oleh karena itu seorang pekrja harus senantiasa meningkatkan kualitas dirinya agar dapat menghadapi persaingan dan memenuhi kebutuhan hidupnya.

Seorang individu hendaknya memiliki persiapan untuk menentukan masa depannya. Persiapan yang harus dilakukan adalah meningkatkan kemampuan dalam hal keterampilan, bahasa, serta wawasan.


a)    Meningkatkan Keterampilan

Wajib hukumnya bagi setiap individu tenaga kerja untuk meningkatkan keterampilannya, dalam hal ini keterampilan bekerja. Asahlah setiap keterampilan yang dibutuhkan dalam pekerjaan, sehingga kemampuan dan kecepatan Anda dalam mengerjakan pekerjaan akan semakin baik dan produktivitas Anda dalam bekerja akan meningkat.


b)    Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Bahasa merupakan pintu komunikasi, tampa bahasa yang baik komunikasi tidak akan berjalan dengan baik. Bayangkan jika dalam sebuah pekerjaan para pekerjanya tidak memiliki komunikasi yang baik, akan jadi seperti apa pekerjaan tersebut? Itulah pentingnya untuk meningkatkan kemampuan bahasa, baik bahasa formal, bahasa non-formal maupun bahasa asing, ketiga bahasa tersebut sama pentingnya untuk ditingkatkan.


c)    Memperluas Wawasan

Menambah atau memperluas wawasan sangatlah penting dalam bidang apapun, termasuk dalam peningkatan kualitas tenaga kerja. Semakin banyak wawasan yang diketahui semakin banyak pula kemampuan baru yang akan didapat, hal ini akhirnya akan berimbas pada peningkatan kualitas tenaga kerja itu sendiri.

Ketiga kemampuan tersebutlah yang akan membentuk individu (tenaga kerja) yang berkualitas. Dimanapun dia bekerja, dia akan selalu dapat beradaptasi terhadap berbagai macam situasi seperti tempat bekerja, fasilitas, prosedur, dan sebagainya.

Jadi itulah beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja, dimulai dari upaya pemerintah, swasta, dan individu sendiri. Hal yang perlu diingat lagi adalah kewajiban untuk meningkatkan kualitas pribadi bukan hanya tugas pemerintah ataupun swasta saja melainkan tugas kita semua, demi kemajuan kita bersama, demi kemajuan negara tercinta.


2 komentar untuk "Upaya Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja"