STRATEGI PEMBANGUNAN EKONOMI

PENGERTIAN PEMBANGUNAN EKONOMI

Pembangunan ekonomi adalah segala usaha untuk meningkatkan taraf hidup suatu bangsa yang sering diukur dengan tinggi rendahnya pendapatan perkapita riil. Dalam hal ini pembangunan ekonomi merupakan sebuah proses yang bertujuan untuk menikan produk domestik bruto suatu negara atau daerah melebihi tingkat pertumbuhan penduduk.

Berbeda dengan pertumbuhan ekonomi yang hanya mencakup beberapa cakupan, pembangunan ekonomi mempunyai cakupan yang lebih luas. Jika pertumbuhan ekonomi hanya menilai kenaikan pertumbuhan nasional sebagai pembanding peningkatan pendapatan nasional, pembangunan ekonomi menggunakan faktor lain berupa pertumbuhan penduduk sebagai permbanding dengan peningkatan pendapatan nasional. Pembangunan ekonomi terjadi jika persentase pertumbuhan ekonomi melebihi persentase pertumbuhan penduduk, atau saat terjadi kenaikan pendapatan per kapita.

{|CATATAN| Simak penjelasan selengkapnya mengenai pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi dalam 2 artikel berikut: Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi}

Dalam pembangunan ekonomi terdapat tiga hal penting, yaitu pembangunan sebagai suatu proses, pembangunan sebagai usaha peningkatan pendapatan dan pembangunan sebagai bentuk peningkatan ekonomi.


STRATEGI PEMBANGUNAN EKONOMI


Strategi Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi akan berjalan dengan lancar jika ditopang dengan sebuah strategi yang bagus. Strategi pembangunan ekonomi akan membuat tingkat kegagalan mengecil, meskipun pada dasarnya potensi kegagalan masih tetap ada namun akan lebih kecil jika adanya strategi yang mempuni. Secara umum strategi pembangunan ekonomi terbagi atas dua bagian, yaitu kebijakan dalam negeri dan kebijakan luar negeri. Strategi tersebut antara lain sebagai berikut:

1.      Kebijakan Dalam Negeri
a.       Pemerintah
Peranan pemerintah dalam pembangunan ekonomi setiap negara berbeda-beda. Contohnya pemerintah Jepang yang sangat turut andil dalam pertumbuhan ekonominya. Sedangkan di Inggris dan Amerika peran pemerintah sangat sedikit. Peran pemerintah pada negara yang belum maju sangatlah penting, hal ini untuk memperlancar pembangunan. Situasi negara maju yang berbeda dengan negara berkembang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Terdapat dua pendapat yang melandasi peranan pemerintah dalam pembangunan ekonomi. Aliran pertama menyatakan bahwa pembangunan nasional harus dilakukan lengsung secara besar-besaran. Disini pemerintah harus merencanakan progaram-progaram dan langsung melaksanakan akumulasi kapital. Sedangkan aliran kedua menyatakan bahwa pembangunan harus dilakukan secara perlahan-lahan, dengan perencanaan yang sedikit, indistrialisasi dilaksanakan secara perlahan dengan kepentingan mekanisme pasar demi berkembangnya usaha swasta.

b.      Pendidikan dan Kesehatan
Dinegara maju perkembangan pendidikan dan kesehatan merupakan faktor penting guna mengurangi hambatan-hambatan dalam pembangunan ekonomi. Peran pendidikan sangat lauas, oleh karena itu harus ada urutan prioritas yang mencakup segala bidang, hingga meningkatkan kualitas penduduk. Peran pemeliharaan kesehatan juga sangat besar, yaitu gunta menaikan produktivitas masyarakat. Karena masyarakat yang sehat tingkat produktivitasnya akan lebih tinggi.

c.       Fasilitas Pelayanan Umum
Invesatasi fasilitas dan sarana umum merupakan dasar pertumbuhan ekonomi yang tidak akan dilakukan oleh pihak lain. Hanya pemerintah yang akan melakukan pembangunan pada sarana fasilitas umum. Fasilitas pelayanan umum sifatnya tidak langsung memberi keuntungan, kecuali dalam jangka penjang.

d.      Perbaikan di Bidang Pertanian
Perbaikan di bidang pertanian sangat penting karena perekonomian Indonesia sebagian besar masih berada dalam bidang pertanian. Pembangunan di bidang pertanian dapat dilakukan dengan memberi pelatihan-pelatihan terhadap petani dan mengembangkan teknologi pertanian. Hal ini penting karena kegiatan pertanian yang besar dapat menguntungkan bila ada penggunaan mesin dan produksi barangnya dengan spesialisasi.

e.       Kebijakan Fisikal
Kebijakan fisikal sangatlah penting dilakukan negara berkembang guna mempengaruhi pendapatan, memajukan akumulasi kapital dan menahan inflasi atau deflasi. Kebijakan ini bergerak dibidang perpajakan yaitu mengenai penerimaan dan pengeluaran negara.

f.       Kebijakan Moneter
Pembangunan ekonomi memerlukan kebijakan moneter. Kebijakan moneter dilakukan untuk mempengaruhi tersedianya kredit guna menanggulangi inflasi dan mempertahankan keseimbangan neraca pembayaran internasional. Di Indonesia kebijakan ini dilakukan oleh Bank Indonesia.

g.       Wiraswastawan
Wiraswasta membantu pembangunan ekonomi. Dalam jangka pendek kegiatan wiraswasta dapat mendorong adanya koperasi, industri kecil dan industri besar. Dan dalam jangka panjang kewirausahaan dapat memperbaiki keuangan dalam negeri. Pemerintah dapat mendorong banyaknya wiraswasta dengan berinovasi agari ditiru oleh wiraswasta tersebut.

2.      Kebijakan Luar Negeri
a.       Kebijakan pemerintah dilakukan guna melindungi industri dalam negeri dengan melaksanakan proteksi, subsidi dan kebijakan nilai tukar
b.      Bantuan teknis barupa mengatur dan membentuk tim internasional untuk memberi nasihat perdagangan pada negara belum maju, menyediakan pelatihan dan fasilitas tenaga ahli dan sebagainya.
c.       Investasi asing swasta, dapat berbentuk langsung maupun tidak langsung. Pemerintah harus menetapkan aturan terhadap investasi asing, jangan sampai investasi di negarana dipenuhi investor asing, sehingga mematikan investor dalam negeri.
d.      Investasi asing pemerintah, berupa pinjaman bagi negara tidak mampu dari negara-negara maju ataupun organisasi kerja sama internasional.
e.       Kebijakan dalam perdagangan, mengenai pola pengembangan sektor industri, dan pengaturan perdagangan serta mengatasi permasalahan dalam perdagangan. Ekspor, tarif dan kuota juga merupakan bagian yang harus diperhatikan pemerintah dalam memperhatikan perdagangan luar negerinya.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 16.9.16

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...