PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI (LENGKAP)

Pada dasarnya pendidikan merupakan hal yang sangat penting di dalam kehidupan, dimana dengan pendidikan kita dapat merubah sikap dan prilaku kita menjadi lebih baik melalui sebuah pengajaran serta pelatihan. Selain itu, dengan pendidikan kita dapat meningkatkan kemampuan, pengetahuan, serta keterampilan dalam bidang apapun.

Berbicara mengenai pendidikan, sebenarnya terdapat beberapa pendapat mengenai definisi dari pendidikan. Ada yang sama, ada pula yang sedikit berbeda. Untuk lebih jelasnya simak pengertian pendidikan menurut para ahli berikut ini:


1.      Siswanto
Pendidikan adalah segala sesuatu untuk membina kepribadian serta mengembangkan kemampuan manusia, rohaniah dan jasmaniah yang berlangsung dalam kurun waktu seumur hidup, baik di dalam ataupun di luar sekolah, untuk pembangunan persatuan, masyarakat adil, makmur, serta selalu ada dalam keseimbangan.

2.      Edwin B.Flippo
Education is concerned with increasing general knowledge and understanding of our total environment. Pendidikan berhubungan dengan meningkatkan pengetahuan umum serta pemahaman lingkungan kita secara menyeluruh.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

3.      John Suprihanto
Pendidikan adalah suatu proses pembinaan pengertian serta pengetahuan terhadap kelompok aturan, fakta serta metode yang terorganisasi dengan mengutamakan kejujuran, pembinaan, dan ketrampilan.

4.      Sondang P. Siagian
Pendidikan adalah keseluruhan proses, metode dan teknik mengajar dalam rangka untuk mengalihkan suatu pengetahuan dari seseorang kepada orang yang lain dengan sebuah standart yang sudah ditetapkan sebelumnya.

5.      Atmodiwirio
Pendidikan adalah pembelajaran yang disiapkan untuk meningkatkan pelaksanaan pekerjaan pada waktu yang akan datang atau untuk meningkatkan seseorang agar dapat menerima sebuah tanggungjawab dan tugas-tugas baru.

6.      Prof. Herman H. Horne
Pendidikan merupakan sebuah proses yang terus menerus atau abadi dari sebuah penyesuaian yang lebih tinggi bagi manusia yang sudah berkembangan secara fisik maupun mental yang bebas serta sadar terhadap tuhan, seperti terwujud dalam alam sekitar intelektual dan kemanusiaan.

7.      Ahwood dan Dimmoel
Pendidikan cenderung bersifat teoritis dalam sebuah pengetahuan umum, sosial, serta berkiblat pada kebutuhan perorangan.

8.      Nadler
Pendidikan merupakan sebuah proses pembelajaran untuk mempersiapkan seseorang agar mampu serta dapat mengidentifikasi suatu pekerjaan, menambah pengetahuan dan wawasan.

9.      Prof. H. Mahmud Yunus
Pendidikan adalah suatu usaha yang dengan sengaja dipilih untuk membentuk dan mempengaruhi anak dengan tujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, akhlak dan jasmani sehingga secara perlahan bisa membawa anak pada tujuan serta cita-cita yang paling tinggi.

10.  M.J. Langeveld
Pendidikan adalah upaya dalam membimbing manusia yang belum dewasa untuk menuju kedewasaan. Pendidikan juga sebuah usaha dalam menolong anak agar dapat melakukan tugas-tugas hidupnya, mandiri, serta bertanggung jawab secara susila.

11.  Ki Hajar Dewantara
Pendidikan merupakan suatu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Artinya pendidikan menuntun semua kekuatan kodrat yang ada pada peserta didik supaya sebagai seorang manusia serta anggota masyarakat bisa mencapai keselamatan serta kebahagiaan hidup yang setinggi-tingginya.

12.  Stella van Petten Henderson
Pendidikan ialah suatu kombinasai antara perkembangan dan pertumbuhan insani dengan warisan sosial.

13.  Kohnstamm dan Gunning
Pendidikan ialah suatu pembentukan hati nurani manusia, dengan kata lain pendidikan merupakan suatu proses penentuan dan pembentukan diri secara etis yang sesuai dengan hati nurani.

14.  Frederick J. Mc Donald
Pendidikan merupakan suatu proses yang arah tujuannya ialah merubah tabiat manusia atau peserta didik.

15.  Ahmad D. Marimba
Pendidikan merupakan suatu proses bimbingan yang dilakukan secara sadar oleh pendidik terhadap proses perkembangan jasmani serta rohani peserta didik, dengan tujuan agar kepribadian peserta didik terbetuk secara unggul.

16.  Carter V. Good
Pendidikan yaitu suatu proses perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk prilaku serta sikap yang berlaku di masyarakat. Proses ketika seseorang dipengaruhi oleh lingkungan yang terpimpin khususnya dalam lingkungan sekolah sehingga dapat mencapai kecakapan sosial serta dapat mengembangkan kepribadiannya.

17.  UU No. 2 Tahun 1989
Pendidikan merupakan usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan pengajaran, bimbingan dan latihan-latihan untuk peranannya di masa yang akan datang.
Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 21.9.16

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...