Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

INDIKATOR PERTUMBUHAN EKONOMI

4 Indikator Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah hal yang sangat penting dalam kegiatan perekonomian suatu negara. Kenapa demikian karena Pertumbuhan Ekonomi menjadi tolak ukur keberhasilan kegiatan ekonomi disuatu negara. Ketika sebuah negara memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi maka kegiatan perekonomian dalam negara tersebut berhasil atau berkembang. Lain lagi jika sebuah negara memiliki pertumbuhan ekonomi yang rendah atau tidak tumbuh sama sekali, itu menandakan bahwa perekonomian dalam negara tersebut tidak maju atau mengalami kemunduran.

Pertumbuhan Ekonomi pada dasarnya menjelaskan tentang kemajuan ekonomi, perkembangan ekonomi, kesejahteraan ekonomi, serta perubahan fundamental perekonomian suatu negara dalam jangka waktu relatif panjang.

Pertumbuhan ekonomi selain sebagai tolak ukur keberhasilan atau kemunduran perekonomian suatu negara juga merupakan indikator kesejahteraan masyarakat. Ketika pertumbuhan ekonomi mengalami kenaikan maka didalamnya terdapat kegiatan ekonomi yang berkembang. Kegiatan ekonomi yang berkembang ini menandakan bahwa lapangan pekerjaan semakin banyak dan pendapatan masyarakat semakin meningkat, sehingga kesejahteraan masyarakatpun akan meningkat.

Lalu bagaimana caranya mengetahui pertumbuhan ekonomi suatu negara dikatakan meningkat atau menurun? Sebenarnya ada beberapa indikator untuk mengetahui tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara, yaitu sebagai berikut:


1.    Pendapatan Nasional

Pendapatan nasional adalah indikator pertama yang biasanya menjadi tolak ukur pertumbuhan ekonomi suatu negara. Caranya adalah dengan membandingkan pendapatan nasional dari satu periode dengan periode sebelumnya. Suatu negara bisa dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi jika pendapatan nasionalnya meningkat dari periode sebelumnya. Peningkatan pendapatan nasional ini menandakan adanya peningkatan output secara keseluruhan.

Oleh karena itu perhitungan pendapatan nasional mutlak harus dilakukan, dengan menghitung pendapatan nasional negara maka dapat diketahui sebenarnya berapa pendapatan negara, sehingga dari sana pemerintah dapat mengetahui pendapatan nasional bergerak naik atau malah turun. Hal ini dapat menjadi indikator pertumbuhan ekonomi secara nasional. Pendapatan nasional dapat dihitung dengan beberapa cara, untuk lebih lengakapnya selahkan baca artikel berikut: Perhitungan Pendapatan Nasional


2.    Pendapatan Per Kapita

Pendapatan per kapita adalah pendapatan rata-rata penduduk suatu negara pada periode tertentu, yang biasanya satu tahun. Pendapatan per kapita bisa juga diartikan sebagai jumlah nilai barang dan jasa rata-rata yang ada atau tersedia bagi setiap penduduk suatu negara pada suatu periode tertentu.

Pendapatan per kapita dapat diperoleh dari pendapatan nasional pada tahun tertentu dibagi dengan jumlah penduduk suatu negara pada tahun tersebut. Jika suatu negara memiliki pendapatan per kapita yang meningkat daripada periode sebelumnya maka bisa dikatakan negara tersebut mengalami pertumbuhan ekonomi dan sebaliknya.

Menghitung pendapatan perkapita juga sama pentingnya dengan menghitung pendapatan nasional, dimana hasilnya nanti dapat digunakan sebagai indikator pertumbuhan ekonomi negara. Dalam hal ini ketika pemerintah mengetahui berapa pendapatan perkapita masyarakatnya maka dari sana pemerintah dapat membuat kebijakan-kebijakan yang dapat memperbaiki dan meningkatkan pendapatan per kapita masyarakat agar kesejahteraan dapat tercapai.

Baca juga: 6 Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi


Indikator Pertumbuhan Ekonomi


3.    Tanaga Kerja dan Pengangguran

Indikator pertumbuhan ekonomi suatu negara ke tiga adalah jumlah antara tenaga kerja dan pengangguran. Tenaga kerja adalah setiap orang yang dapat melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat. Sedangkan pengangguran merupakan kebalikan dari tenaga kerja. Suatu negara dikatakan memiliki pertumbuhan ekonomi jika jumlah tenaga kerjanya lebih tinggi dari jumlah penganggurannya. Atau bisa dikatakan tingkat penganggurannya berkurang dari periode sebelumnya.

Tingkat pengangguran dapat berkurang jika terdapat kesempatan kerja yang banyak. Kesempatan kerja yang banyak bisa dicapai dengan kesempatan bisnis/usaha yang baik, seperti misalnya daya beli masyarakat baik, iklim politik dan keamanan stabil, birokrasi yang mudah untuk menjalankan usaha ataupun investasi, dan berbagai hal lainnya yang dapat berperan dalam meningkatkan kesempatan kerja.


4.    Kesejahteraan Masyarakat

Kesejahteraan masyarakat merupakan indikator yang dapat digunakan untuk mengukur pertumbuhan ekonomi. Kesejahteraan masyarakat ini bisa dilihat dari tingkat kemiskinan yang semakin berkurang dan daya beli masyarakat yang semakin meningkat. Daya beli yang meningkat dan merata salah satunya bisa dilihat dari distribusi barang dan jasa yang lancar diseluruh wilayah negara yang bersangkutan.

Kesejahteraan masyarakat juga ditandai dengan pendapatan per kapita yang tinggi dan kemampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Semakin tinggi kesejahteraan masyarakat, maka semakin tinggi pula tingkat pemenuhan kebutuhan hidupnya. Dari yang awalnya hanya memenuhi kebutuhan primer hingga dapat memenuhi kebutuhan sekunder dan tersier.

Itulah 4 indikator pertumbuhan ekonomi yang bisa kami jelaskan, mungkin ada faktor lainnya yang dapat menjadi indikator pertumbuhan ekonomi karena pada dasarnya indikator pertumbuhan ekonomi setiap negara pasti berbeda misalnya indikator pertumbuhan ekonomi negara berkembang dengan negara maju, dimana negara meju mungkin akan berfokus pada pemenuhan kebutuhan hidup dan pemerataan ekonomi. Namun pada intinya setiap negara selalu berusaha meningkatkan pertumbuhan ekonominya, hal ini bertujuan untuk memajukan negara dan kesejahteraan rakyatnya.


1 komentar untuk "INDIKATOR PERTUMBUHAN EKONOMI"