INDIKATOR PERTUMBUHAN EKONOMI

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah hal yang sangat penting dalam kegiatan perekonomian suatu negara. Kenapa demikian karena pertumbuhan ekonomi menjadi tolak ukur keberhasilan kegiatan ekonomi disuatu negara. Ketika sebuah negara memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi maka kegiatan perekonomian dalam negara tersebut berhasil atau berkembang. Lain lagi jika sebuah negara memiliki pertumbuhan ekonomi yang rendah atau tidak tumbuh sama sekali, itu menandakan bahwa perekonomian dalam negara tersebut tidak maju atau mengalami kemunduran.

{|CATATAN| Kami merekomendasikan Anda untuk membaca artikel berikut karena sangat berkaitan dengan pembahasan ini, silahkan kunjungi: Pengertian Pertumbuhan Ekonomi}

Pertumbuhan ekonomi pada dasarnya menjelaskan tentang kemajuan ekonomi, perkembangan ekonomi, kesejahteraan ekonomi, serta perubahan fundamental perekonomian suatu negara dalam jangka waktu relatif panjang.

Pertumbuhan ekonomi selain sebagai tolak ukur keberhasilan atau kemunduran perekonomian suatu negara juga merupakan indikator kesejahteraan masyarakat. Ketika pertumbuhan ekonomi mengalami kenaikan maka didalamnya terdapat kegiatan ekonomi yang berkembang. Kegiatan ekonomi yang berkembang ini menandakan bahwa lapangan pekerjaan semakin banyak dan pendapatan masyarakat semakin meningkat, sehingga kesejahteraan masyarakatpun akan meningkat.

Lalu bagaimana caranya mengetahui pertumbuhan ekonomi suatu negara dikatakan menigkat atau menurun? Sebenarnya ada beberapa indikator untuk mengetahui tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara, yaitu sebagai berikut:

{|CATATAN| Selain ada indikator, pertumbuhan ekonomi juga memiliki faktor-faktor yang mempengaruhinya. Untuk selengkapnya silahkan kunjungi artikel berikut: Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi}

Indikator Pertumbuhan Ekonomi

1.      Pendapatan Nasional
Pendapatan nasional adalah indikator pertama yang biasanya menjadi tolak ukur pertumbuhan ekonomi suatu negara. Caranya adalah dengan membandingkan pendapatan nasional dari datu periode dengan periode sebelumnya. Suatu negara bisa dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi jika pendapatan nasionalnya meningkat dari periode sebelumnya.Peningkatan pendapatan nasional ini menandakan adanya peningkatan output secara keseluruhan. Pendapatan nasional dapat dihitung dengan beberapa cara, untuk lebih lengakapnya selahkan baca artikel berikut: Perhitungan Pendapatan Nasional.

2.      Pendapatan Per Kapita
Pendapatan per kapita adalah pendapatan rata-rata penduduk suatu negara pada periode tertentu, yang biasanya satu tahun. Pendapatan per kapita bisa juga diartikan sebagai jumlah nilai barang dan jasa rata-rata yang ada atau tersedia bagi setiap penduduk suatu negara pada suatu periode tertentu. Pendapatan per kapita dapat diperoleh dari pendapatan nasional pada tahun tertentu dibagi dengan jumlah penduduk suatu negara pada tahun tersebut. Jika suatu negara memiliki pendapatan per kapita yang meningkat daripada periode sebelumnya maka bisa dikatakan negara tersebut mengalami pertumbuhan ekonomi.

3.      Tanaga Kerja dan Pengangguran
Indikator pertumbuhan ekonomi suatu negara ke tiga adalah jumlah antara jumlah tenaga kerja dan pengangguran. Tenaga kerja adalah setiap orang yang dapat melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat. Sedangkan pengangguran merupakan kebalikan dari tenaga kerja. Suatu negara dikatakan memiliki pertumbuhan ekonomi jika jumlah tenaga kerjanya lebih tinggi dari jumlah penganggurannya. Atau bisa dikatakan tingkat penganggurannya berkurang dari periode sebelumnya. Tingkat pengangguran dapat berkurang jika terdapat kesempatan kerja yang banyak.

{|CATATAN| Simak penjelasan lengkap mengenai tenaga kerja dan pengangguran dalam artikel berikut: Ketenagakerjaan}

4.      Kesejahteraan Masyarakat
Kesejahteraan masyarakat merupakan indikator yang dapat digunakan untuk mengukur pertumbuhan ekonomi. Kesejahteraan masyarakat ini bisa dilihat dari tingkat kemiskinan yang semakin berkurang dan daya beli masyarakat yang semakin meningkat. Daya beli yang meningkat dan merata salah satunya bisa dilihat dari distribusi barang dan jasa yang lancar diseluruh wilayah negara yang bersangkutan. Kesejahteraan masyarakat juga ditandai dengan pendapatan per kapita yang tinggi dan kemampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Intinya setiap negara selalu berusaha meningkatkan pertumbuhan ekonominya, hal ini bertujuan untuk memajukan negara dan kesejahteraan rakyatnya.
Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 14.9.16

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

Apa Itu Kombinasi Harga (Price Mix)?

Kombinasi Harga (Price Mix) Setiap perusahaan harus bisa menetapkan price mix (kombinasi harga) dalam rangka untuk memajukan promosi pen...