DIAGRAM INTERAKSI ANTAR PELAKU EKONOMI

Diagram interaksi antar pelaku ekonomi (circulair flow diagram) adalah suatu diagram yang menggambarkan hubungan timbal balik diantara pelaku ekonomi berupa arus melingkar yang membentuk suatu sistem tertentu.

Pada pembahasan sebelumnya sudah dijelaskan mengenai Pelaku Kegiatan Ekonomi, berhubungan dengan pembahasan kali ini, pada dasarnya kelompok pelaku ekonomi tersebut bertindak sebagai produsen dan konsumen bagi yang lainnya. Sebenarnya interaksi antara pelaku kegiatan ekonomi cukup kompleks untuk dijelaskan karena menyangkut banyak hal, tetapi interaksi tersebut dapat digambarkan dalam sebuah diagram. Diagram tersebut dapat menggambarkan arus timbal balik antara pelaku kegiatan ekonomi secara jelas dan lebih mudah dipahami. Diagram tersebut disebut sebagai diagram interaksi antar pelaku ekonomi (cilculair flow diagram).

Dalam diagram interaksi pelaku ekonomi terdapat dua model diagram perekonomian, yaitu perekonomian tertutup yang terdiri dari dua sektor dan tiga sektor, dan perekonomian terbuka yang terdiri dari empat sektor. Untuk lebih jelasnya bisa dijelaskan sebagai berikut:

1.      Diagram Interaksi Pelaku Ekonomi (Cilculair Flow Diagram) pada Perekonomian Tertutup


Diagram interaksi pelaku ekonomi dalam perekonomian tertutup mempunyai dari dua bagian sektor, yaitu kegiatan ekonomi dua sektor dan kegiatan ekonomi tiga sektor.

a)      Kegiatan Ekonomi Dua Sektor

Dalam kegiatan ekonomi dua sektor ini, yang terlibat didalamnya hanya dua pelaku ekonomi, yang pertama adalah rumah tangga dan yang kedua perusahaan. Dalam sektor ini kita bisa melihat hubungan interaksi atau timbal balik antara kedua pelaku ekonomi tersebut. Jika kita lihat dalam diagram interaksi (circulair flow diagram) maka akan tampak sebagai berikut:

Diagram Interaksi Antar Pelaku Ekonomi Dua Sektor

Perhatikan arus pertama (1) pada diagram diatas, kita tahu bahwa rumah tangga merupakan pemilik faktor produksi oleh karena itu rumah tangga melakukan penawaran fakor produksi seperti tanah, tenaga kerja, modal dan sebagainya kepada perusahaan sebagai modal perusahaan untuk melakukan kegiatan produksi.

Pada arus kedua (2), perusahaan mengalirkan arus uang berupa sewa, gaji, bunga, laba dan sebagainya kepada rumah tangga sebagai balas jasa atas penggunaan faktor produksi rumah tangga oleh perusahaan.

Selanjutnya pada arus ketiga (3), pendapatan yang sebelumnya dimiliki rumah tangga akan mengalir kembali ke perusahaan. Hal ini akan terus berlangsung selama rumah tangga memiliki pendapatan dan perusahaan masih berproduksi.

Dan yang terakhir pada arus keempat (4), dari perusahaan akan mengalir barang atau jasa kepada rumah tangga sebagai pemuas kebutuhannya. Arus barang tersebut bisa disalurkan langsung oleh perusahaan atau melalui perantara seperti pedagang dan sebagainya.

b)      Kegiatan Ekonomi Tiga Sektor

Bila sebelumnya dalam kegiatan ekonomi dua sektor yang terlibat hanya dua pelaku ekonomi, dalam kegiatan ekonomi tiga sektor yang terlibat ada tiga pelaku ekonomi yaitu rumah tangga, perusahaan dan pemerintah. Diagram interaksinya sebagai berikut:

Diagram interaksi antar pelaku ekonomi tiga sektor

Sebenarnya tidak berbeda jauh dengan kegiatan ekonomi dua sektor, hanya saja terdapat peran pemerintah disini. Kita lihat pada arus satu (1) rumah tangga membeli barang dan jasa dari perusahaan melalui pasar barang (product market) dengan begitu perusahaan akan menerima uang dari penjualan barang dan jasa tersebut. Dalam arus ini, rumah tangga berperan sebagai konsumen sedangkan perusahaan berperan sebagai penjual. Perusahaan menetapkan harga barang atau jasa berdasarkan biaya produksi, sedangkan di pasar barang (product market) penetapan harga ditentukan oleh permintaan rumah tangga dan penawaran perusahaan.

Arus dua (2) pada diagram menunjukan bahwa pendapatan rumah tangga yang digunakan untuk membeli barang dan jasa dari perusahaan didapatkan dari penjualan fakor produksi yang dimilikinya kepada perusahaan. Disini rumah tangga berperan sebagai penjual sedangkan perusahaan berperan sebagai pembeli. Dan harga faktor produksi ditentukan oleh penawaran rumah tangga dan permintaan perusahaan.

Selanjutnya pemerintah menggunakan pendapatan dari hasil pajak untuk digunakan membeli barang dan jasa dari pasar faktor produksi, pasar barang dan perusahaan untuk memberikan fasilitas dan pelayanan kepada masyarakat banyak.

2.      Diagram Interaksi Pelaku Ekonomi (Cilculair Flow Diagram) pada Perekonomian Terbuka


Perekonomian terbuka merupakan gambaran nyata dari pola kegiatan ekonomi modern saat ini, kenapa demikian karena perekonomian terbuka melibatkan para pelaku ekonomi suatu negara dengan pelaku ekonomi negara lain.

Dalam perekonomian terbuka terdapat empat pelaku ekonomi, yaitu rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri. Peran perekonomian luar negeri sangat besar bagi perekonomian dalam negeri dalam rangka menjalin kerjasama dibidang ekonomi maupun hubungan diplomatik. Hubungan kerja sama tersebut dapat berupa perdagangan, investasi dan sebagainya yang tercermin dalam kegiatan ekspor dan impor. Diagram perekonomian terbuka dapat digambarkan sebagai berikut:

Diagram interaksi antar pelaku ekonomi empat sektor

Dapat dilihat, diagram perekonomian terbuka memiliki empat pelaku ekonomi yakni rumah tangga, pemerintah, perusahaan dan masyarakat luar negeri. Dalam perekonomian, ke empat pelaku ini memiliki hubungan interaksi yang bertujuan untuk memenuhi keperluan masing-masing. Hubungan tersebut diantaranya sebagai berikut:

a)      Rumah Tangga
1)      Hubungan dengan perusahaan
·  Dalam perekonomian, rumah tangga membeli barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan untuk dikonsumsi.
·   Rumah tangga mendapatkan penghasilan berupa gaji, sewa, bunga dan sebagainya dari perusahaan atas balas jasa dari penawaran faktor produksi.
2)      Hubungan dengan pemerintah
·         Rumah tangga berkewajiban membayar pajak kepada pemerintah.
·         Rumah tangga menerima pendapatan berupa gaji, bunga dan sebagainya.
·      Rumah tangga mendapatkan fasilitas publik dari pemerintah sebagai buah dari pembayaran pajak.
3)      Hubungan dengan masyarakat luar negeri
·     Rumah tangga memenuhi kebutuhan akan barang atau jasa yang tidak diproduksi didalam negeri dengan cara mengimpornya dari luar negeri.
·         Rumah tangga mengekspor sumber daya ke luar negeri.

b)      Perusahaan
1)      Hubungan dengan rumah tangga
·       Perusahaan menghasilkan barang dan jasa yang dapat dikonsumsi oleh rumah tangga.
·      Perusahaan memberikan sejumlah keuntungan dan penghasilan atas balas jasa berupa gaji, upah, sewa dan sebagainya.
2)      Hubungan dengan pemerintah
·         Perusahaan berkewajiban untuk membayar pajak kepada pemerintah.
·         Perusahaan menjual hasil produksinya baik berupa barang atau jasa kepada pemerintah.
3)      Hubungan denga masyarakat luar negeri
·         Perusahaan melakukan kegiatan ekspor dan impor barang dan jasa dari dan ke luar negeri.

c)      Pemerintah
1)      Hubungan dengan rumah tangga
·         Pemerintah mendapatkan setoran pajak dari rumah tangga yang digunakan untuk kebutuhan pembangaunan, operasional, fasilitas publik dan sebagainya.
2)      Hubungan dengan perusahaan
·         Pemerintah menerima setoran pajak dari perusahaan.
·         Pemerintah membeli dan memakai produk yang dihasilkan oleh perusahaan baik berupa barang maupun jasa.
3)      Hubungan dengan masyarakat luar negeri
·         Pemerintah menerima pajak dari masyarakat luar negeri.
·         Pemerintah mendapatkan penerimaan berupa divisa dari hasil mengekspor barang dan jasa.
·         Pemerintah menetapkan kebijakan dalam ekspor dan impor.

d)      Masyarakat luar negeri
1)      Hubungan dengan rumah tangga
·    Masyarakat luar negeri menyediakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga begitupun sebaliknya.
2)      Hubungan dengan perusahaan
·         Masyarakat luar negeri mengekspor barang dan jasa ke perusahaan begitu juga sebaliknya.

Dengan adanya interaksi antar pelaku ekonomi, perputaran barang dan jasa, uang, dan faktor produksi dapat terjadi sehingga kebutuhan dari masing-masing pelaku ekonomi dapat terpenuhi.

Kami rasa pembahasan tentang diagram interaksi antar pelaku ekonomi sudah cukup, semoga bermanfaat, dan terima kasih.
Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 11.12.15

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

Apa Itu Kombinasi Harga (Price Mix)?

Kombinasi Harga (Price Mix) Setiap perusahaan harus bisa menetapkan price mix (kombinasi harga) dalam rangka untuk memajukan promosi pen...